SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi pada Wirausaha Santri, di Pesantren Sabilurrosyad.

Muarrifah Hulyatul

Abstrak


ABSTRAK

Muarrifah, Hulyatul. 2019. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi pada Wirausaha Santri, di Pesantren Sabilurrosyad. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani. M.Si.

Kata Kunci: pendidikan ekonomi, nilai pendidikan ekonomi, wirausaha santri, Pesantren Sabilurrosyad.

Pendidikan ekonomi sebagai sub sistem pendidikan nasional merupakan suatu bidang pembelajaran yang memiliki suatu kajian dan peran strategis untuk tujuan membentuk pemahaman, sikap serta keterampilan yang rasional dan bertanggung jawab bagi anak didik Indonesia agar berperilaku ekonomi, dengan selalu menerapkan prinsip efisien yang berkeadilan, memperhatikan rasa kebersamaan, kekeluargaan, serta siap menghadapi dan berperan memberi pengaruh terhadap pasar persaingan global.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan ekonomi yang diterapkan pada wirausaha santri dan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan pada wirausaha santri di Pesantren Sabilurrosyad.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada wirausaha santri dalam bentuk audio dan visual yang terdapat pada wirausaha santri di Pesantren Sabilurrosyad. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan dengan kegiatan triangulasi sumber data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, tahap penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mengenai pendidikan ekonomi pada wirausaha santri di Pesantren Sabilurrosyad yang tercermin dari beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.

Kedua, mengenai penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada wirausaha santri. Nilai Nilai pendidikan ekonomi yang diterapkan pada wirausaha santri di Pesantren Sabilurrosyad yaitu nilai kebersamaan, nilai kegotongroyongan dan nilai mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu. Selain itu wirausaha santri di Pesantren Sabilurrosyad juga menerapkan nilai-nilai hakiki kewirausahaan yaitu nilai kerja keras, orientasi pada prestasi dan komitmen tinggi.

Dari permasalahan yang telah dibahas, saran yang diberikan yaitu: Santri sebagai pelaku usaha diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai pendidikan ekonomi dengan maksimal sehingga didapatkan kemajuan dan perkembangan usaha yang lebih baik lagi. Selain itu, pihak pesantren juga diharapkan dapat memberikan fasilitas berupa infratruktur dan pelatihan untuk menunjang perkembangan usaha santri di Pesantren Sabilurrosyad.