SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF) Dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Tahun 2013-2017

Nurlia Yetti

Abstrak


RINGKASAN

Nurlia, Yetti. 2015. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF) Dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Tahun 2013-2017. Skripsi. Prodi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si

Kata Kunci: DPK, NPF, CAR, Murabahah

Bank syariah merupakan suatu lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit, pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasionalnya disesuaikan dengan prinsip-prinsip Islam yang diatur dalam Undang-undang No. 10 Tahun 1992. Bank syariah melakukan penghimpunan modal dari dana pihak ketiga untuk dapat memberikan kredit maupun menyalurkan pembiayaan agar dapat terus beroperasi, sebagai lembaga keuangan, bank syariah perlu memperhatikan dan memantau pada setiap pemberian kredit maupun dalam menyalurkan pembiayaan agar tidak terjadi masalah atau meminimalisir adanya kredit macet hal tersebut juga dapat berpengaruh pada cadangan modal yang dimiliki bank syariah. Sehingga bank syariah harus tetap mengontrol cadangan dana yang dimiliki.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap pembiayaan murabahah dalam jangka panjang maupun pada jangka pendek. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Vector Error Correction Model (VECM). Langkah dari analisis uji VECM yang pertama meliputi Uji stasioner data yang dalam penelitian ini menggunakan uji ADF dengan taraf nyata 5%, Uji panjang lag optimal, Uji kointegrasi, dan terakhir adalah estimasi VECM. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data DPK, NPF, CAR, dan pembiayaan murabahah yang diambil dari Statistik Perbakan Syariah (SPS) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa padajangka panjangn dan jangka pendek Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah, sedangkan Non Performing Financing (NPF) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah pada perbankan syariah dalam jangka pendek. Namun, pada jangka panjang NPF memiliki pengaruh positif, dan  Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah pada perbankan syariah dalam jangka panjang. Namun, pada jangka pendek Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pembiayaan murabahah.