SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEN GGUNAAN GADGET SMARTPHONE , MINAT B ELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMAN 1 SINGOSARI KABUPATEN MALANG

LESTARI ERNI

Abstrak


Lestari, Erni. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget Smartphone, Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar

Pembelajaran menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran yang ada saat ini sudah memasuki era disrupsi. Era disrupsi adalah era di mana terjadinya perubahan dari cara manual menjadi serba digital. Salah satu sumber belajar yang bisa digunakan pada era disrupsi adalah gadget smartphone. Penggunaan gadget smartphone sangat membantu dalam proses belajar siswa karena siswa dapat mencari materi tambahan yang relevan pada mata pelajaran ekonomi sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi hasil belajar siswa adalah minat belajar. Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi akan berpengaruh pada prestasi belajar yang baik. Selain faktor internal, hasil belajar juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu perhatian orang tua. Orang tua yang memberikan perhatian akan berdampak baik pada siswa yaitu dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar. Semangat dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap hasil belajar tinggi pula.

Tujuan dalam penelitian ini adalah

(1) Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan gadget smartphone terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari,

(2) Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari,

(3) Mengetahui bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari,

(4) Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan gadget smartphone, minat belajar, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Singosari.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 142 siswa dari 4 kelas, kemudian menggunakan rumus Slovin ditentukan jumlah sampel sebanyak 105 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa dan dokumentasi untuk hasil belajar siswa. Kemudian untuk pemaparan data menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) penggunaan gadget smartphone berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi;

(2) minat belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi;

(3) perhatian orang tua berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi; dan

(4) penggunaan gadget smartphone, minat belajar, dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Saran pada penelitian ini:

(1) Bagi guru sebaiknya memberikan model pembelajaran yang menarik sehingga meningkatkan minat belajar siswa.

(2) Bagi SMAN 1 Singosari sebaiknya mensosialisasikan pentingnya pemanfaatan gadget smartphone sebagai sumber belajar.

(3) Bagi peneliti lain sebaiknya menambahkan variabel lain sesuai dengan kondisi sekolah, seperti fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan intelektual atau emosional, sehingga pengaruh terhadap hasil belajar siswa dapat lebih besar.