SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE (MOBILE LEGENDS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DAN PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 7 MALANG

Saputri Dwi Andila Eka

Abstrak


Saputri, Dwi Andila Eka 2019. Analisis Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs.Prih Hardinto.M.Si

Kata Kunci: Game Online Mobile Legends, Aktivitas Belajar Siswa, Perilaku Konsumsi  

Munculnya aplikasi game online mobile legends saat ini dikalangan pelajar membuat aktivitas belajar terutama mata pelajaran Ekonomi di sekolah menjadi terganggu dan perilaku konsumsi siswa juga terganggu. Hal tersebut ditunjukkan ketika guru memberi izin siswa menggunakan smartphone untuk mengakses materi yang berhubungan dengan pelajaran justru digunakan untuk bermain game online mobile legends, sehingga para siswa tudak mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sedangkan untuk perilaku konsumsi siswa dapat terganggu jika siswa tersebut lebih mengalokasikan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan akan bermain game online mobile legends, dibandingkan kebutuhan lain yang dirasa jauh lebih penting dibandingkan kebutuhan bermain game online mobile legends.

Penelitian ini menganalisis ada tidaknya dan seberapa besar dampak game online mobile legends pada aktivitas belajar pada mata pelajaran ekonomi dan perilaku konsumsi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Malan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dan untuk pengambilan sumber datanya menggunakan teknik purposive sampling. Adapun untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, display data atau penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game online mobile legends berdampak negatif terhadap aktivitas belajar mata pelajaran Ekonomi siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Malang yang sebagian besar siswanya lebih termotivasi untuk bermain game online mobile legends pada saat proses pembelajaran. Sedangkan untuk perilaku konsumsi para siswanya tidak begitu berpengaruh dengan adanya game online mobile legends.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dampak game online mobile legends terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang negatif. Dan game online mobile legends tidak begitu berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa.