SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Utang Luar Negeri dan Ekspor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode Tahun 2010:1-2018:4

Monly Lusiana

Abstrak


RINGKASAN

Monly, Lusiana. 2019. Pengaruh Utang Luar Negeri Dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode Tahun 2010:1 – 2018:4. Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E.

Kata Kunci : Utang Luar Negeri, Ekspor, Pertmbuhan Ekonomi

Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan sumber pendanaan dalam melakukan pembangunan nasional, perolehan devisa dari kegiatan ekspor dirasa belum mencukupi untuk biaya pembangunan sehingga pemerintah melakukan kebijakan utang luar negeri. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa utang luar negeri berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga ada penelitian yang menyatakan sebaliknya. Sedangkan pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan Ekonomi Indonesia rata-rata peneliti sependapat yaitu ekspor berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam penelitian ini pertumbuhan ekonomi mengacu pada nilai pertumbuhan PDB

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari ULN dan EKS terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Vector Error Correction Model (VECM). Langkah dari analisis VECM meliputi Uji stasioner data yang dalam penelitian ini menggunakan uji ADF dengan taraf nyata 5%, Uji panjang lag optimal, Uji kointegrasi, terahir adalah estimasi VECM. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari nilai ULN, nilai EKS, dan nilai PDB rill.

Hasil dari penelitian terlihat bahwa semakin tinggi ULN berdampak terhadap tingginya pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek, dimana didapat koefisien sebesar 0,069 dengan t-statistics 4,878, hal tersebut menunjukan ada pengaruh positif signifikan. Sedangkan pengaruh jangka panjang pada variabel ULN adalah ketika ULN semakin tinggi maka akan berdampak pada tingginya pertumbuhan ekonomi, dengan hasil koefisien sebesar 0,069 dengan t-statistics 6,617, hal tersebut menunjukan ada pengaruh positif signifikan. Hal yang sama terjadi pada variabel ekspor dimana pengaruh jangka pendek ekspor adalah bila semakin tinggi ekspor akan berdampak pada tingginya pertumbuhan ekonomi, dilihat dari koefisien variabel ekspor sebesar 1,32x10-/ dengan t-satatistics sebesar 3,203. Menunjukan bahwa adanya pengaruh positif signifikan. Sedangkan ekspor jangka panjang juga sama yaitu berdampak positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan nilai koefisien sebesar 1,25x10-/ dengan tsatatistics sebesar 2,711, menunjukan bahwa ada pengaruh positif signifikan.

 

ULN direncanakan peruntukannya bagi pembangunan yang bersifat produktif, pembenahan infrastruktur telah menjadi program prioritas pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Ekspor yang meningkat akan mendorong peningkatan produksi dalam negeri. Produksi yang meningkat akan menggerakkan roda perekonomian dalam negeri sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat. Komoditas ekspor unggulan Indonesia antara lain adalah udang, tuna-tongkol-cakalang (TTC), rajungankepiting (RK), cumi-sotong-gurita (CSG), dan rumput laut (RL).