SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Volume Nilai Transaksi E-Money, Suku Bunga Dan Kurs Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Periode Januri 2013-September 2018

Maharani Ikka Fitriana

Abstrak


RINGKASAN

Maharani, Ikka Fitriana. 2019. Pengaruh Volume Nilai Transaksi E-money, Suku Bunga, dan Kurs terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode Januari 2018 – September 2018. Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari,S.E., M.M.

Kata Kunci: E-money, Suku Bunga, Kurs, Jumlah Uang Beredar

Perkembangan jumlah uang beredar mencerminkan perkembangan perekonomian suatu negara. Apabila perekonomian tumbuh dan berkembang menyebabkan jumlah uang yang beredar juga bertambah. Pada kebijakan moneter jumlah uang beredar merupakan hal yang berperan penting untuk memacu perkembangan ekonomi negara. Namun akan berdampak buruk jika uang yang beredar terlalu banyak sehingga menimbulkan permasalahan baru bagi perekonomian seperti inflasi, terdepresiasinya mata uang dalam negeri. Begitupun halnya dengan kecanggihan teknologi yang dimanfaatkan untuk melakukan inovasi dalam sistem pembayaran non tunai berbasis elektronik. Apabila tidak bijak dalam penggunaannya, akan berakibat buruk terhadap perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai transaksi e-money, suku bunga, dan kurs terhadap jumlah uang beredar.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder (time series) data yang diperoleh dari Statistik Ekonomi dan Keuangan (SEKI) Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan periode waktu Januari 2013 hingga September 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 69 dengan menggunakan teknik estimasi Vector Error Correction (VECM) untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan jangka panjang dan jangka pendek antar variabel dengan variabel lainnya.

Hasil pengujian estimasi VECM menunjukkan bahwa nilai transaksi e-money berpengaruh secara positif signifikan terhadap uang beredar M1 dan M2 dalam jangka panjang dan jangka pendek. Variabel suku bunga menunjukkan bahwa berpengaruh secara negatif terhadap uang beredar M1 dan M2 dalam jangka panjang dan jangka pendek. Variabel kurs menunjukkan bahwa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap uang beredar M1 dan M2 dalam jangka panjang dan jangka pendek.