SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengalaman Kajian Praktik Lapangan, dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru

Nur 'Aini Dahhani

Abstrak


RINGKASAN

Nur ‘Aini, Dahhani. 2019. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengalaman Kajian Praktik Lapangan, dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pemabangunan. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P., Ak.

Kata Kunci: Persepsi Profesi Guru, Pengalaman Kajian Praktik Lapangan, Informasi Dunia Kerja, Minat Menjadi Guru.

Setiap individu pasti memiliki kecenderungan terhadap sesuatu yang membuat mereka bahagia atau senang. Seseorang yang melakukan hal yang sesuai dengan keinginan mereka maka akan berdampak positif baginya. Melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan maka kita akan melakukannya dengan teliti tanpa ada kesalahan apapun. Seseorang yang akan melakukan suatu pekerjaan pasti dengan minat atau keinginan mereka. Sehingga minat merupakan salah satu unsur untuk mencapai tujuan kita.Setiap mahasiswa yang memiliki minat untuk menjadi seorang guru tentu memiliki persepsi atau pemahaman tentang profesi guru.Mahasiswa tentu memiliki persepsi sendiri tentang profesi guru, dimana persepsi dari peneliti profesi guru merupakan profesi yang mulia, karena guru bisa dikatakan sebagai orang tua yang mendampingi siswanya yang mengalami kesulitan saat di sekolah.Selain persepsi tentang profesi guru minat menjadi guru akan meningkat dengan adanya pengalaman. Universitas Negeri Malang (UM) salah satu universitas keguruan, setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus ini akan dilatih atau dibimbing untuk menjadi guru yang profesional. Sebagai mahasiswa kependidikan mereka ada salah satu mata kuliah yang wajib mereka tempuh yaitu Kajian Praktik Lapangan (KPL). Dalam mata kuliah ini mahasiswa akandisimulasikan untuk menjadi guru yang mengajar siswa-siswanya di sekolah, mahasiswa tidak hanya mengajar namun juga dituntut untuk membuat perangkat pembelajaran selama mereka mengajar.Semakin kita mengekspresikan minat kita terhadap suatu kegiatan maka minat tersebut akan semakin kuat, sama halnya dengan mahasiswa yang berminat menjadi guru, maka dia sebaiknya lebih aktif mencari informasi dunia kerja.

Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Meode yang digunakan adalah metode eksplanasi yang ditujukan untuk mencari pengaruh persepsi profesi guru, pengalaman kajian praktik lapangan, dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru. Populasi yang digunakan Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angakatan 2015 FE UM dengan jumlah 155 mahasiswa, kemudian sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dimana diperolah 112 sampel mahasiswa. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data melaui kuesioner peneliti penggunakan uji coba hipotesis terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan uji analisis regresi linier berganda. Data dianalisis menggunakan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, pengalaman kajian praktik lapangan, dan informasi dunia kerja berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 40.1%. dimana dari variabel persepsi profesi guru menyumbang sebesar 6.3%, pengalaman KPL sebesar 12.6%, dan informasi dunia kerja sebesar 21.1%, Dari ketiga variabel tersebut informasi dunia kerja memiliki pengaruh terbesar dalam minat menjadi guru.