SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Wisata

Sumanto Dwi Wahyudi

Abstrak


ABSTRAK

Sumanto, Dwi Wahyudi. 2018. Dampak Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Wisata. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Agus Sumanto, SE, M.SA.

Kata Kunci: Dampak Pengembangan Wisata, Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat.

Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Timur dengan banyak destinasi pariwisata diantaranya wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi dan wisata buatan. Salah satu wahana yang ada di lokasi wisata Kabupaten Mojokerto ialah Wisata Air Panas Pacet, dengan adanya wisata tersebut perlu adanya sebuah pengembangan di Wisata Air Panas Pacet agar berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke wisata ini baik wisatawan local maupun mancanegara, selain itu keberadaan wisata air panas tersebut mempengaruhi lingkungan wisata seperti halnya pengeloaan lahan pertanian menjadi tempat penginapan.

Fokus dalam penelitian ini adalah dampak adanya pengembangan pariwisata pemandian air panas Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto terhadap kondisi social ekonomi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan kondisi yang sebernarnya di tempat penelitian tersebut. Data yang diambil berupa data primer yang didapatkan langsung dari wawancara kepada informan yaitu para pedagang yang berjualan di sekitar wisata pemandian air panas, sedangkan data sekunder didapat dari Kantor Desa Padusan berupa arsip desa/ profil desa.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tentang dampak pengembangan wisata pemandian air panas padusan terhadap kondisi social ekonomi masyarakat sekitar wisata, dapat disimpulkan bahwa adanya wisata pemandian air panas yang ada di Desa Padusan membawa damapak positif terhadap kondisi sosisal ekonomi masyarakat sekitar wisata. Dampak positif tersebut dapat mempengaruhi kondisi social ekonomi masyarakat sekitar wisata, dapat dilihat dari 3 segi, yaitu pekerjaan, pendapatan, dan pendidikan. Untuk dampak pengembangan wisata pemandian air panas Padusan terhadap kehidupan social sekitar wisata pemandian air panas Padusan dapat disimpulkan bahwa interaksi komunikasi sangat baik, dan juga tidak ditemukan adanya konflik karena kesadaran masyarakat yang tinggi, sehingga masyarakat sekitar wisata pemandian air panas padusan saling bahu – membahu dalam menjalin kerukunan. Sedangkan dalam aspek perubahan lingkungan yang terjadi adalah perubahan infrastruktur jalan yang kondisi sebelumnya rusak dan berlubang dibenahi menjadi jalan cor serta perubahan fungsi lahan yang sebelumnya adalah lahan hutan di pinggir jalan menjadi pusat oleh – oleh dan warung makan.