SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal di Kawasan Ekowisata Bangsring Underwater Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi

Faisal Noah

Abstrak


ABSTRAK

Faisal, Noah. 2018. Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal di Kawasan Ekowisata Bangsring Underwater Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Sugeng HadiUtomo M.S.

Kata Kunci: Dampak, Ekowisata Bangsring Underwater, Sosial Ekonomi

Seiring dengan pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Ekowisata Bangsring Underwater, bukan hanya pihak pengelola saja yang merasakan keuntungannya, tetapi juga masyarakat lokal di kawasan tersebut. Pihak pengelola dengan gencar melakukan inovasi-inovasi baru agar bisa menarik leih banyak wisatawan yang datang. Dengan harapan agar mereka bisa menjadi salah satu penggerak roda ekonomi bagi masyarakat lokal di Desa Bangsring.

Fokus dalam penelitianini adalah dampak adanya Ekowisata Bangsring Underwater terhadap social ekonomi masyarakat lokal di kawasan ekowisata tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan kondisi yang sebernarnya di tempat penelitian tersebut. Data yang diambil berupa data primer yang didapatkan langsung dari wawancara kepada informan yaitu para pedagang yang berjualan di sekitar ekowisata, sedangkan data sekunder diperoleh dari Kantor Desa Bangsring dan juga dari Ekowisata Bangsring Underwater.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya Ekowisata Bangsring Underwater membawa dampak positif terhadap masyarakat lokal. Dampak positifnya yaitu ada banyak pengunjung yang dating ke ekowisata, sehingga dapat mempengaruhi kondisi social ekonomi masyarakat lokal di kawasan ekowisata. Bisa dilihat dari tiga segi, yaitu pekerjaan, pendapatan, dan pendidikan. Dampak positif Ekowisata Bangsring Underwater jika dilihat dari segi pekerjaanya itu masyarakat lokal ada yang beralih profesi dari petani menjadi pedagang dikarenakan pengunjung yang datang ke ekowisata sangat banyak. Dilihat dari segi pendapatan, karena banyak pengunjung yang dating ke ekowisata, maka banyak pula pengunjung yang membeli dagangan para pedagang tersebut. Hal tersebut akan membuat pendapatan para pedagang bertambah. Dilihat dari segi pendidikan, kebanyakan masyarakat di sana masih berpendidikan rendah, akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi anak-anaknya. Hal ini disebabkan dari segi pendapatan yang dimana bisa dikatakan tercukupi, sehingga para orang tua tidak kesusahan untuk membiayai pendidikan bagi anak-anaknya.