SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Belanja Pemerintah Daerah Dan PDRB Perkapita Terhadap Indeks Pembangunan Manusia

Intan Meirna Nur

Abstrak


RINGKASAN

Intan, Meirna Nur. 2019. Pengaruh Belanja Pemerintah Daerah dan PDRB per kapita Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E

Kata Kunci: Belanjapemerintahdaerah, PDRB per kapita, Indeks Pembangunan Manusia

Kondisi makro ekonomi di Pulau Jawa menunjukkan hasil yang relatif baik meskipun belum optimal.Namun, khusus di provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk yang cukup besar, tetapi nilai IPM provinsi Jawa Timur terendah dari provinsi lain yang ada di Pulau Jawa.Kondis ini menunjukkan bahwa pembangunan manusia di Indonesia terjadi ketimpangan dan ketidakmerataan. Dengan adanyadesentralisasi, pemindahan wewenang dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah dapat lebih memeratakan pembangunan sesuai dengan potensi masing-masing daerah tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja pemerintah dan PDRB per kapita terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi JawaTimur. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan untuk melihat pengaruh maka menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan data panel sebagai model metode perhitungannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belanja pemerintah daerah dan PDRB per kapita memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Adanya anggaran untuk belanja pemerintah daerah memberikan kesempatan bagi setiap daerah dalam mengembangkan potensi yang dimiliki suatu daerah sehingga pembangunan manusia juga dapat terlaksana. Pembangunan fasilitas publik guna mewujudkan pembangunan manusia berdasarkan tiga dimensi di IPM yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

PDRB per kapita merupakan cerminan dari pertumbuhan ekonomi. Dimana jika PDRB per kapita tinggi berarti terdapat lebih banyak pekerjaan yang lebih baik dan tingkat pendapatan yang lebih tinggi sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya seperti pendidikan dan kesehatan. Pembangunan manusia dikatakan sudah berjalan dengan baik apabila masyakarat dapat memenuhi ketiga dimensi yang terdapat dalam indeks pembangunan manusia.