SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi S1 Universitas Negeri Malang

Atiqah Zahidah

Abstrak


RINGKASAN

Atiqah, Zahidah. 2019. Pengaruh Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi S1 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.

Kata Kunci: Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Biaya Pendidikan, Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi.

Pendidikan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia agar dapat bersaing dalam era globalisasi yang terus mengalami perkembangan. Pendidikan juga menjadi salah satu upaya perbaikan sumber daya manusia yang sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Dari pentingnya hakikat pendidikan tersebut, maka perguruan tinggi sebagai salah satu jenjang akhir dalam pendidikan formal memiliki peran penting dalam pembentukan pribadi yang lebih kompeten bagi lingkungan masyarakat maupun dunia kerja. Motivasi yang berasal dari dorongan dalam diri mahasiswa apabila didukung oleh kondisi sosial ekonomi orang tua yang memadai, serta ditunjang dengan biaya pendidikan yang rendah, maka pengambilan keputusan mahasiswa menjadi sangat tinggi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikannya.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan:

(1) pengaruh Motivasi (X1) terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi (Y);

(2) pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua (X2) terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi (Y);

(3) pengaruh Biaya Pendidikan (X3) terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi (Y);

(4) pengaruh Motivasi, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Ekonomi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini berjumlah 305 mahasiswa, dengan sampel yang diambil melalui rumus slovin yaitu sebanyak 173 mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y dengan koefisien determinasi sebesar 71,6%. Hal ini menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel motivasi, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan ekonomi sebesar 71,6%, sedangkan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya untuk sumbangan efektif terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan ekonomi S1 dominan dipengaruhi oleh variabel motivasi yakni sebesar 65,27%. Sedangkan untuk variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dan biaya pendidikan masing masingnya memberikan pengaruh sebesar 7,46% dan –0,64%.

 

SUMMARY

Atiqah, Zahidah. 2019. The Influence of Motivation, Parents' Socio-Economic Conditions, and Educational Cost on Student Decision to Take S1 Economic Education at Malang State University. Sarjana’s Thesis, Department of Development Economics, Faculty of Economics, Malang State University. Advisor: Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.

Keywords: Motivation, Parents’ Socio-Economic Conditions, Educational Cost, Student Decision to Take Economic Education

Education has become a basic need for humanity to be able to compete in an era of globalization that continues to develop. Education is also one of the efforts to improve human resources that are in accordance with the objectives of the Indonesian people as stated in the opening of the 1945 Constitution. From the importance of the nature of education, than the college as one of the final level of formal education has an important role in personal formation more competent for the environment community and the world of work. Motivation that comes from encouragement in students if supported by adequate Parents’ Socio-Economic Conditions, and supported by the low cost of education, the student's decision making becomes very high in fulfilling his educational needs.

This research aims to be able to explain:

(1) the influence of Motivation (X1) on Student Decision to Take Economic Education (Y);

(2) the influence of The Parents’ Socio-Economic Conditions (X2) on Student Decision to Take Economic Education (Y);

(3) the influence of Educational Cost (X3) on Student Decision to Take Economic Education (Y);

(4) the influence of Motivation, Parents' Socio-Economic Conditions, and Educational Cost on Student Decision to Take Economic Education. The research design used was quantitative explanations using multiple regression analysis. The population of this research were 305 students, with samples taken through a formula slovin as many as 173 students.

 

The result showes that there are significant effects both partially and simultaneously on variables X1, X2, and X3 to Y with a coefficient of determination of 71.6%. This shows that the proportion of the influence of the motivation, Parents’ Socio-Economic Conditions, and the cost of education on student decisions takes economic education by 71.6%, while the remaining 28.4% is influenced by other variables not examined in this study. Furthermore, for an effective contribution to the decisions of students taking S1 economic education dominantly influenced by motivational variables which amounted to 65.27%. Whereas for the parents' socio-economic condition and education costs each of them had an influence of 7.46% and -0.64%.