SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Keuangan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi FE-UM Angkatan 2016

Mawarti Endah Dwi

Abstrak


RINGKASAN

Mawarti, Endah Dwi. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi FE-UM Angkatan 2016. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto, M.Si.

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif merupakan kegiatan konsumsi yang dilakukan tanpa adanya perencanaan mengenai keuangan sehingga pengeluaran menjadi tidak terkendali. Fenomena yang terjadi pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016, dimana mereka mudah tergiur dengan adanya promo atau diskon yang ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan. Hal itu menyebabkan mereka mereka melakukan pembelian yang tidak rasional atau konsumtif.

Perilaku konsumtif dapat dipengaruhi oleh faktor intern yaitu literasi keuangan. Literasi keuangan mahasiswa didapatkan dari pemahaman dalam materi-materi perkuliahan. Sedangkan, faktor ekstern yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif yaitu status sosial ekonomi orang tua. Peran orang tua dalam berperilaku konsumtif dapat menstimulus anak (mahasiswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif,

(2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif,

(3) pengaruh literasi keuangan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif.

Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling dan diperoleh sebanyak 115 sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan:

(1) terdapat pengaruh negatif literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif.

(2) terdapat pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif.

(3) terdapat pengaruh secara bersama-sama literasi keuangan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi FE-UM angkatan 2016.