SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Lingkungan Tempat Tinggal dan Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang.

Maratus Solikhah Siti

Abstrak


RINGKASAN

Maratus, Siti. 2019. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Lingkungan Tempat Tinggal dan Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak.

Kata Kunci: keaktifan berorganisasi, lingkungan tempat tinggal, intensitas penggunaan internet, prestasi belajar

Keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dilihat pada prestasi belajar. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Faktor-faktor yang bersifat internal tidak bisa dikontrol, sedangkan faktor-faktor yang bersifat eksternal bisa dirancang atau dikontrol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:

(1) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar

(2) pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar

(3) pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar dan

(4) pengaruh keaktifan berorganisasi, lingkungan tempat tinggal, dan intensitas penggunan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi Fakuktas Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh keaktifan berorganisasi, lingkungan tempat tinggal, dan intensitas penggunan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi Fakuktas Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dengan menggunakan angket kepada 50 sampel mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda program SPSS Versi 21.

Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) keaktifan berorganisasi berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,4%

(2) lingkungan tempat tinggal berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 41,9%

(3) intensitas penggunaan internet berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 17,1%

(4) keaktifan berorganisasi, lingkungan tempat tinggal, dan intensitas penggunan internet berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 79,4%.

Berdasarkan hasil uji analisis maka dapat ditarik kesimpulan:

(1) keaktifan berorganisasi berpengaruh terhadap prestasi belajar,

(2) lingkungan tempat tinggal berpengaruh terhadap prestasi belajar,

(3) intensitas penggunaan internet berpengaruh terhadap prestasi belajar,

(4) keaktifan berorganisasi, lingkungan tempat tinggal, dan intensitas penggunan internet berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada:

(1) Universitas Negeri Malang untuk mengawasi kegiatan kemahasiswaan dan mengevaluasi prestasi belajar mahasiswa,

(2) mahasiswa mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki serta mengutamakan waktunya untuk belajar,

(3) peneliti selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang lebih memengaruhi prestasi belajar.