SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Lintas Minat Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang

Mulia Intan

Abstrak


RINGKASAN

Mulia, Intan. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Lintas Minat Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.  

Kata Kunci: kesulitan belajar, motivasi, minat.

Belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh siswa untuk menunjang masa depan siswa. Sekarang pemerintah sudah memberikan kebijakan baru untuk kegiatan belajar di sekolah yaitu kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang. Dalam kurikulum 2013 terdapat kebijakan peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat. Adanya kebijakan lintas minat bertujuan untuk menambah wawasan siswa juga memperluas minat siswa selain dari mata pelajaran peminnatan. Pengambilan pelajaran lintas minat seharusnya di pilih oleh siswa itu sendiri tetapi bila siswa tidak dapat memilih sendiri pelajaran tersebut pastinya belum tentu memiliki minat maupun motivasi untuk belajar yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa merupakan rintangan yang harus di lalui untuk mendapatkan ilmu yang pasti bermanfaat di masa yang akan datang. Penelitian yang akan dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang siswa lintas minat rasakan dalam pelajaran ekonomi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi yang dilihat dari kejadian di lapangan. Cara pengambilan informan dari penelitian menggunakan purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki nilai dibawah 75 yang menunjukkan siswa belum memiliki nilai yang maksimal dalam pelajaran ekonomi. Pengumpulan data dari penelitian dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk melihat keabsahan data menggunakan tiangulasi sumber dari informan yaitu teman sebaya dan guru yang mengajar ekonomi di kelas. Pengambilan triangulasi sumber dari teman sebaya inforaman sesuai dengan kriteria triangulasi sumber merupakan teman dekat atau teman satu pondok dengan informan. Analisis yang di gunakan dalam penelitan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesulitan belajar siswa di ketahui dari berapa nilai yang dimiliki oleh siswa, materi yang menjadi kesulitan siswa, dan sebab dari kesulitan belajar siswa dalam pelajaran ekonomi.

Hasil dari penelitan yang telah berlangsung menunjukkan bahwa siswa lintas minat kelas XI di MA Almaarif Singosari memiliki kesulitan pada rumus perhitungan dan istilah yang ada pada materi pelajaran ekonomi. Kesulitan belajar siswa disebabkan oleh kuarangnya siswa untuk belajar saat di luar sekolah terhadap pelajaran ekonomi. Bukan hanya itu, siswa juga tidak memiliki motivasi dan tidak semua siswa lintas minat memiliki minat dalam belajar ekonomi. Kurangnya siswa belajar di karenakan waktu yang siswa gunakan tidak efektif pembagiannya dalam belajar, kegiatan sekolah, kegiatan pondok, maupun untuk istirahat. Saran yang diperlukan untuk siswa adalah penumbuhan motivasi bagi siswa lintas minat dalam belajar ekonomi agar siswa bisa mempelajari ekonomi lebih serius dan menganggap pelajaran ekonomi penting dan efisiensi waktu mereka dalam membagi kegiatan dalam satu hari.