SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu, dan hasil belajar ekomomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun ajaran 2018/2019

Windasari Lely

Abstrak


RINGKASAN

Windasari, Lely. 2019. Pengaruh Literasi Ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu, dan hasil belajar ekomomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Progam studi S1 pendidikan ekonomi. Jurusan ekonomi pembangunan. Fakultas ekonomi. Universitas negeri malang, Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata kunci: literasi ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu, hasil belajar ekonomi, perilaku konsumsi.

Globalisasi merupakan suatu proses perubahan besar diseluruh dunia salah satunya perubahan teknologi, perubahan dari globalisasi dapat mempengaruhi rasionalitas konsumsi masyarakat tidak terkecuali siswa. Karena memalui kemajuan teknologi memudahkan mereka untuk memperoleh informasi mengenei brang-barang yang menjadi trend masa kini yang biasanya ditawarkan produksen melalui iklan-iklan. Literasi ekonomi juga berperan dalam memberikan pemahaman atau ilmu tentang ekonomi yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dan juga dapat memberikan dampak pada pemikiran rasional pada saat melakukan kegiatan konsumsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen yaitu literasi ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu dan hasil belajar ekonomi terhadap variabel dependen yaitu perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen secara parsial dan simultan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui penyebaran tes dan angket yang dilakukan oleh peneliti. Rancangan penelitian, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan dan diperoleh 83 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda dengan bantuan progam IBF SPSS Statistics 20.

Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa : Pengaruh secara parsial meliputi

(1) terdapat pengaruh positif antara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siawa yang ditunjukan nilai sig sebesar 0,001, dengan pengaruh sebesar 5,8%

(2) terdapat pengaruh positif antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilau konsumsi siswa yang ditunjukan nilai sig sebesar 0,000, dengan pengaruh sebesar 19,4%

(3) terdapat pengaruh positif antara modernitas individu terhadap perilaku konsumsi siswa yang ditunjukan nilai sig sebesar 0,000, dengan pengaruh sebesar 12.7% (4) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa yang ditunjukan nilai sig sebesar 0,000, dengan pengaruh sebesar 15% (5) terdapat pengaruh secara simultan antara literasi ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu, dan hasil belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa yang ditunjukan dengan nilai sig sebesar 0, 000 dengan pengaruh sebesar 52,9%.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa

(1) terdapat pengaruh positif signifikan antara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi,

(2) terdapat pengaruh positif signifikan antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilau konsumsi siswa,

(3) terdapat pengaruh positif signifikan antara modernitas individu terhadap perilaku konsumsi siswa,

(4) terdapat pengaruh positif signifikan antara hasil belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa,

(5) terdapat pengaruh secara simultan antara literasi ekonomi, intensitas penggunaan media sosial, modernitas individu, dan hasil belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen.

Saran dalam penelitian ini adalah :

(1) bagi sekolah perlu mengadakan sosialisasi kepada siswa tentang pemanfaatan media sosial dan mendidik siswa agar siswa dapat menyaring pengaruh dari globalisasi

(2) bagi guru mata pelajaran agar dapat medorong siswa dengan menggunakan pelajaran yang kreatif dan inofatif dengan mengimplementasikan teori ekonomi ke dalam kehidupan nyata,

(3) bagi peneliti lain sebagai tambahan referensi pada saat melakukan penelitian yang serupa.