SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial, Lingkungan Sosial, dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2018/2019

Megasari Putri Agung

Abstrak


RINGKASAN

Megasari, Putri Agung. 2019. Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial, Lingkungan Sosial, dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci: Media Sosial, Lingkungan Sosial, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha

Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, jika tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan akan menyebabkan terjadinya pengangguran. Melihat kondisi tersebut, maka dunia pendidikan harus mampu berperan aktif menyiapkan sumber daya manusia terdidik yang mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan lokal hingga internasional yang tidak hanya menguasai teori tapi juga mampu menerapkan dalam kehidupan sosial yang kreatif, sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain atau biasa kita sebut seorang entrepreneur. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, kemudahan informasi semakin cepat dan mudah untuk didapatkan mampu mendukung minat berwirausaha siswa. Dengan latar belakang tersebut peneliti ingin mngetahui apakah ada pengaruh antara intensitas mengakses media sosial, lingkungan sosial, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas mengakses media sosial, lingkungan sosial, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Metode pengambilan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dibagikan kepada siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah intensitas mengakses media sosial (X1), lingkungan sosial (X2), dan efikasi diri (X3), sedangkan variabel terikat adalah minat berwirausaha (Y). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas mengakses media sosial, lingkungan sosial, dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun ajaran 2018/2019 baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif variabel intensitas mengakses media sosial (X1) adalah sebesar 12%, sumbangan efektif pengaruh variabel lingkungan sosial (X2) adalah sebesar 9,9%, sumbangan efektif pengaruh variabel efikasi diri (X3) adalah sebesar 16%, sedangkan sebesar 62,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini.

 

SUMMARY

Megasari, Putri Agung. 2019. Effects of Intensity in Accessing Social Media, Social Environment, and Self-Efficacy on Entrepreneurial Interest in Class XII APK at SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Thesis, Department of Development Economics, Faculty of Economics, Malang State University. Advisor: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Keywords: Social Media, Social Environment, Self-Efficacy, Entrepreneurship Interest

The population of Indonesia from year to year is increasing if it is not balanced with the amount of job availability,it will causes unemployment. Seeing these conditions, the world of education must be able to play an active role in preparing educated human resources who are able to face various challenges of local to international life that not only master the theory but are also able to apply in creative social life, so as to create jobs for themselves and people another or what we usually call an entrepreneur. The development of technology and information is increasingly rapid, the ease of information more quickly and easily obtained can support the interest of student entrepreneurship. With this background, the researcher wants to know whether there is an influence between the intensity of accessing social media, social environment, and self-efficacy towards the interest in entrepreneurship in class XII APK at SMK Muhammadiyah 3 Singosariacademic year 2018/2019.

This study uses a quantitative approach to the type of explanatory research. This study aims to analyze the effect of intensity of accessing social media, social environment, and self-efficacy towards the interest in entrepreneurship in class XII APK at SMK Muhammadiyah 3 Singosari. The data collection method that will be used in this study is a questionnaire distributed to students. The independent variables in this study are the intensity of accessing social media (X1), social environment (X2), and self-efficacy (X3), while the dependent variable is the interest in entrepreneurship (Y). Data analysis in this study used descriptive analysis, classic assumption test, multiple linear regression, and hypothesis testing.

 

The results of this study indicate that the intensity of accessing social media, social environment, and self-efficacy has a significant influence on the interest in entrepreneurship in class XII APK at SMK Muhammadiyah 3 Singosari academic year 2018/2019 both partially and simultaneously. The results showed an effective contribution of the intensity variable accessing social media (X1) was 12%, the effective contribution of the influence of social environment variables (X2) was 9.9%, the effective contribution of the effect of variable self-efficacy (X3) was 16%, whereas 62.1% is influenced by other variables outside the variables in this study.