SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Profitabilitas Bank BUMS di Indonesia Periode 2007-2017(Studi pada PT.Bank BCA, Tbk)

Ovy Prasanto

Abstrak


Perbankan merupakan lembaga keuangan yang mempunyai peranan paling besar dalam kegiatan perekonomian. Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia adalah Bank BCA. Bank BCA merupakan bank yang tergolong dalam bank BUKU IV di Indonesia yang  memiliki tugas dan fungsi seperti perbankan lainnya, kegiatan perbankan bank BCA tidak kalah dengan kegiatan perbankan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan dari faktor eksternal dan internal terhadap profitabilitas (ROA) perbankan swasta yang ada di Indonesia yaitu bank  BCA sebagai objek penelitian. Data yang digunakan merupakan data triwulanan yang diambil dari tahun 2007-2017. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini dengan menggunakan metode ECM.  Faktor internal yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu, BOPO, LDR, NPL. Sedangkan faktor eksternal meliputi pertumbuhan ekonomi, inflasi, BI rate, dan nilai tukar (kurs), faktor internal dan eksternal merupakan variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu ROA dari bank BCA.

Dari hasil pengujian menggunakan metode OLS dalam jangka panjang diperoleh beberapa temuan bahwa BOPO berpengaruh positifdan tidak signifikan signifikan terhadap. LDR berpengaruh positif dansignifikan terhadap ROA. NPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Inflasi memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap ROA.BI rate memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ROA.Nilai tukar (kurs) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA.

 

Sedangkan dari hasil pengujian menggunakan ECM untuk melihat pengaruh dalam jangka pendek didapatkan beberapa temuan bahwa, BOPO memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap ROA. LDR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. NPL memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. Pertumbuhan ekonomi dan inflasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. BI rate memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Sedangkan nilai tukar/kurs memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ROA dalam jangka pendek menggunakan metode ECM.