SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016

Ani Kris Tari

Abstrak


RINGKASAN

Ani, Kris Tari. 2019. Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M. Div, M.E.

Kata Kunci : Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, Uang Saku, Perilaku Konsumtif

Setiap hari manusia melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap mahasiswa memiliki keinginan dan kebutuhan yang beragam sehingga memunculkan perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif cenderung terjadi di usia remaja hingga dewasa. Banyak hal yang memengaruhi seseorang dalam memutuskan untuk berkonsumsi, salah satunya adalah pendapatan. Pendapatan yang dimaksudkan disini adalah uang saku. Kontrol diri merupakan sesuatu yang dapat mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu barang. Semakin baik kontrol diri seseorang, maka semakin rasional perilaku konsumsinya. Perilaku konsumtif bertentangan dengan pengetahuan yang selama ini didapat mahasiswa selama di bangku perkuliahan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol diri, literasi ekonomi, dan uang saku terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan angket dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi berganda dengan bantuan SPSS 16 for windows.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 sebesar 8,835%.

(2) Literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 sebesar 6,609%.

(3) Uang saku berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 sebesar 40,945%.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa:

(1) kontrol diri berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016

(2) literasi ekonomi berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016

(3) uang saku berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016

(4) kontrol diri, literasi ekonomi, dan uang saku secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016.

 

Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi mahasiswa lebih berpikir secara rasional dalam berkonsumsi. Diharapkan mahasiswa juga dapat menerapkan ilmu ekonomi yang telah didapatkannya di bangku perkuliahan agar dapat berkonsumsi sesuai dengan skala prioritas.