SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Fasilitas IT, Persepsi Tentang E-learning, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang.

ZULFA NUROJA ALFRIANI

Abstrak


Proses pembelajaran merupakan suatu proses interaksi untuk membentuk pola fikir yang akan menentukan hasil belajar secara keseluruhan. Pembelajaran berbasis IT (Teknologi Informasi) semakin mendapat perhatian serius dalam dunia pendidikan. Fasiliatas IT merupakan suatu sarana untuk proses pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis internet. Kemunculan teknologi informasi dalam konsep e-learning memberikan sumbangaan besar dalam proses pembaharuan pembelajaran dalam model konvensional atau bertatap muka langsung dengan pendidik dikelas ke dalam bentuk sistem pembelajaran jarak jauh/ digital dari proses dan materi yang diajarkan. Dengan adanya pembelajaran berbasis internet, e-learning mempermudah mahasiswa mengakses bahan atau materi yang akan diajarkan.

 Interaksi dosen dan mahasiswa juga dapat terjadi secara langsung untuk berbagi informasi maupun diskusi yang menyangkut perihal materi pelajaran. Dengan adanya e-learning sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran dalam pemanfaatan teknologi komputer dan internet, diharapkan mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa. Karena minat belajar merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam belajar. Mahasiswa yang memiliki minat belajar terhadap suatu subjek cenderung untuk berkonsentrasi dan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap subjek tersebut.

 Hasil belajar mahasiswa S1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 dapat dipengaruhi oleh ketiga faktor diatas yaitu fasilitas IT, persepsi tentang e-learning, minat belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah

(1) bagaimana pengaruh fasilitas IT terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016,

(2) Bagaimana pengaruh persepsi tentang e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016

(3) bagaimana pengaruh minat belajar terhdap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016

(4) bagaimana pengaruh fasilitas IT, persepsi tentang e-learning dan minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 sebanyak 163 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh 115 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket.

Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa

(1) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara fasilitas IT terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 dengan sumbangan efektif (SE) 10,38 %.

(2) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara persepsi tentang e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 dengan sumbangan efektif (SE) 43,22 %.

(3) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 dengan sumbangan efektif (SE) 12,96 %.

(4) secara simultan terdapat pengaruh positif antara fasilitas IT, persepsi tentang e-learning, minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa s1 pendidikan ekonomi angkatan 2016 dan ketiga variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat 66,6%.