SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jumlah Nominal Transaksi Alat Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia Tahun 2014-2018

NURAIDA INDAH AYU

Abstrak


ABSTRAK

Nuraida, Indah Ayu. 2019. Pengaruh Jumlah Nominal Transaksi Alat Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar di Indoensia Tahun 2014-2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si

Kata Kunci: Kartu Kredit, Kartu Debet, Real Time Gross Settlement, Jumlah Uang Beredar

Penggunaan instrumen non tunai perlu diketahui pengaruhnya terhadap jumlah uang yang beredar di suatu negara. Besar kecilnya uang yang beredar dapat mempengaruhi ekuilibrium di pasar uang, jumlah uang beredar sama dengan jumlah permintaan uang, maka perubahan besaran permintaan uang dengan adanya peningkatan pembayaran non tunai akan berpengaruh terhadap keseimbangan pasar uang, dan tentu mempengaruhi besaran uang beredar. Kehadiran dari instrumen non tunai dapat memberikan manfaat bagi perekonomian suatu negara, yang pada akhirnya akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan dengan adanya instrumen non tunai dapat mengurangi jumalah uang beredar yang ada.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dari alat pembayaran non tunai yaitu kartu kredit, kartu debet dan real time gross settlement. Hal ini dapat diketahui dengan menggunakan metode analisis VECM (Vector Error Corection Model) dengan bantuan alat analisis Eviews 8. Berdasarkan dari hasil perhitungan VECM inilah dapat diketahui pengaruh apa yang ditimbulkan dari masing-masing variabel terhadap jangka pendek dan jangka panjang. Rancangan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari Bank Indonesia (BI) dan Kementrian Perdagangan Indonesia (Kemendag).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah nominal transaksi kartu kredit memiliki pengaruh positif signifikan pada jangka panjang dan jangka pendek. Variabel jumlah nominal transaksi kartu debet memiliki pengaruh positif dan signifikan pada jangka panjang da jangka pendek, sementara variabel real time gross settlement memiliki pengaruh negatif pada jangka panjang dan pengaruh positif tidak signifikan pada jangka pendek.