SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemahaman Materi Perbankan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang

Anggresita Duri Mutiara Rizqi

Abstrak


Menabung merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi kehidupan setiap orang.Seiring kemajuan zaman, aktivitas menabung mulai tergeser oleh perilaku konsumtif individu tidak terkecuali pada diri siswa.Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian terkait minat menabung siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) pengaruh pemahaman materi perbankan terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang,

(2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang, dan

(3) pengaruh pemahaman materi perbankan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menjelaskan pengaruh pemahaman materi perbankan (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap minat menabung (Y). Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kuesioner kepada sampel berjumlah 45 siswa selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan bantuan program aplikasi IBM  SPSS Statistics 25 .

Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:

(1) terdapat pengaruh pemahaman materi perbankan terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang,

(2) terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang, dan

(3) terdapat pengaruh pemahaman materi perbankan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menabung siswa kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang.

Di dalam penelitian ini, penulis memberikan saran kepada guru, sekolah dan peneliti selanjutnya. Guru mata pelajaran ekonomi hendaknya meningkatkan lagi upaya dalam membimbing siswaselama proses belajar khususnya pada materi perbankanagar pemahaman siswa terhadap materi tersebut dapat optimal serta bagi pihak sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas bagi siswa agar dapat belajar baik secara teori maupun terjun langsung ke lapangan seperti pelaksanaan kunjungan ke lembaga perbankan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat meneliti faktor-faktor atau variabel-variabel lain yang diduga berpengaruh terhadap minat menabung.