SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPendidikanEkonomiKeluarga, LiterasiKeuangan, danTemanSebayaterhadapRasionalitasKonsumsiMahasisswa S1 PendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang angkatan 2016

NOVIKA SARI

Abstrak


Mahasiswa memiliki berbagai macam kebutuhan mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan untuk kuliah. Melalui informasi yang berkembang,mahasiswa lebih mudah menerima informasi mengenai barang-barang yang menjadi kebutuhan dan trend masa kini yang ditawarkan melalui iklan - iklan dengan berbagai pilihan barang konsumsi, hal tersebut dapat berdampak pada rasionalitas konsumsi yang dimiliki mahasiswa menjadi irasional dan berlebihan tanpa dasar kebutuhan melainkan keinginan untuk memiliki. Sehingga mahasiswa dituntut harus dapat mengambil keputusan yang rasional ketika melakukan kegiatan konsumsi terlebih lagi mahasiswa S1 pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 merupakan mahasiswa perantauan, sehingga mereka harus dapat mengalokasikan sumbe daya ekonomi yang ada dengan baik salah satunya adalah bertindak rasional ketika melakukan kegiatan konsumsi Rasionalitas konsumsi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pendidikan ekonomi keluarga, literasi keuangan, dan teman sebaya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa,

(2) Pengaruh literasi keuangan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa,

(3) Pengaruh teman sebaya terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa,

(4) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, literasi keuangan dan teman sebaya terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswaa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 secara bersama-sama.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes dengan responden 115 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistik 20.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Pendidikan Ekonomi Keluarga berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa sebesar 11,08%.

(2) Literasi Keuangan berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa sebesar 2,47%.

(3) Teman Sebaya berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa sebesar 40,40%.

(4) Pendidikan Ekonomi Keluarga, Literasi Keuangan, dan Teman Sebaya berpengaruh terhadap Rasionalitas Konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 sebesar 54%.

Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa:

(1) Pendidikan ekonomi keluarga berpen garuh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa

(2) Literasi keuangan berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa

(3) Teman sebaya berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa

(4) Pendidikan ekonomi keluarga, literasi keuangan dan teman sebaya berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016.

Peneliti memberikan saran kepada:

(1) Mahasiswa tidak melakukan tindakan konsumsi secara berlebihan (tidak rasional), dan dapat membuat rancangan kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki serta dapat menahan keinginannya yang bertujuan untuk mencapai kepuasan saja.

(2) Peneliti selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi rasionalitas konsumsi mahasiswa dan mengembangkan indikator-indikator pada variabel.