SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENERAPAN LITERASI KEUANGAN ANAK YANG MEMPUNYAI ORANGTUA PELAKU USAHA DAUR ULANG BARANG BEKAS (Studi Kasus Di Desa Kejagan Sentra Daur Ulang Barang Bekas, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto)

Zurfani Rachmina Putri

Abstrak


RINGKASAN

Zurfani, Rachmina Putri. 2019.Analisis Penerapan Literasi Keuangan Anak Yang Mempunyai Orangtua Pelaku Usaha Daur Ulang Barang Bekas (Studi Kasus Di Desa Kejagan Sentra Daur Ulang Barang Bekas, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr.Ir Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div.M.E.

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Anak,Pelaku Usaha Daur Ulang Barang Bekas

Kesulitan ekonomi tidak hanya disebabkan oleh pendapatan, tetapi bisa disebabkan oleh kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Kaum perempuan khususnya ibu rumah tangga pemegang kendali keuangan dalam keluarga penting untuk memiliki literasi keuangan yang memadai agar dapat mengelola keuangan dengan baik dan serta mampu mengajarkan pengelolaan keuangan kepada anak.Banyaknya anak remaja yang berusia sekolah membelanjakan uang  dan membeli barang dan jasa untuk konsumsi secara tidak terkontrol dan tidak ada perencanaan keuangan, hanya berdasarkan keinginan bukan kebutuhan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan anak tentang pengelolaan keuangan dan perencanaan keuangan. Kondisi demikian membuat pengelolaan keuangan yang dilakukan belum sepenuhnya mendukung untuk menciptakan tata kelola uang yang baik, yaitu tata kelola keuangan pribadi anak melalui uang saku yang diberikan oleh orangtua

Tujuan Penelitian ini untukmenganalisis penerapan literasi keuangan anak yang mempunyai orangtuapelaku usaha daur ulang barang bekasdan mengklasifikasi penerapan literasi keuangan anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan penjelasan rinci mengenai penerapan literasi keuangan anak yang mempunyai orangtua pelaku usaha daur ulang bekas. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan waktu pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan Penerapan literasi keuangan dilihat dari indikator penganggaran adalah kurang baik,penerapan literasi keuangan dilihat dari indikator pinjaman adalah cukup baik, penerapan literasi keuangan dilihat dari indikator tabungan adalah cukup baik.Penerapan literasi keuangan anak  memiliki 3 klasifikasisufficient literate, less literate, dan not literate.