SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Model Pembelajaran Guru dan Minat Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang

RAHMAWATI DEWI

Abstrak


RINGKASAN

Rahmawati, Dewi. 2019. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Model Pembelajaran Guru dan Minat Berwirausaha terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

Kata Kunci: persepsi, model pembelajaran, minat berwirausaha, hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan

Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi kewirausahaan yang diajarkan oleh guru. Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha. Maka, perlu dilakukan penelitian mengenai hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang,

(2) pengaruh minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang, dan

(3) pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 241 siswa, sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah 150 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program IBM SPSS Statistics 25.

Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik simpulan bahwa:

(1) persepsi siswa tentang model pembelajaran guru berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang,

(2) minat berwirausaha berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang, dan

(3) persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang.

Di dalam penelitian ini, penulis memberikan saran kepada:

(1) guru kewirausahaan agar menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran serta kondisi siswa di dalam kelas dengan menggunakan alat dan media pembelajaran yang menarik,

(2) sekolah untuk lebih sering menyelenggarakan acara yang berkaitan dengan kewirausahaan, dan

(3) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan.

 

SUMMARY

Rahmawati, Dewi. 2019. The Effect of Students’ Perception on Teachers’ Teaching Models and Entrepreneurship Interest on The Learning Outcome of Entrepreneurship Subject for the Twelfth Grade Students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari - Malang. Sarjana’s Thesis. Department of Development Economics. Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

Keywords: perception, learning models, entrepreneurship interest, entrepreneurship learning outcome

Entrepreneurship learning outcomes is used as a measure to find out how far students understand entrepreneurial material taught by the teacher. Learning outcomes of entrepreneurship subjects can be influenced by several factors, such as student perceptions of the teacher's learning model and interest in entrepreneurship. Thus, it is necessary to do research on the learning outcomes of entrepreneurial subjects. This research aims to find out:

(1) the influence of students' perceptions of teacher learning models on the entrepreneurship learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang,

(2) the influence of interest in entrepreneurship on the entrepreneurial learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang, and

(3) the influence of students' perceptions of teacher learning models and interest in entrepreneurship on the entrepreneurial learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang.

This research uses a quantitative approach with the explanation method. The population in this research is 241 students, while the number of samples used is 150 students taken by using simple random sampling techniques. Data collection techniques were carried out by using questionnaires and test results. The data analysis used is multiple linear regression analysis with IBM SPSS Statistics 25 program.

Based on the results of the analysis, it can be concluded that:

(1) students' perceptions of teacher learning models influence the entrepreneurship learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang,

(2) the interest in entrepreneurship influence entrepreneurial learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang, and

(3) students' perceptions of teacher learning models and interest in entrepreneurship influence the entrepreneurial learning outcomes for the twelfth grade students of SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang.

In this research, the researcher suggest to:

(1) entrepreneurship teacher to use a learning model that is varied and accordance with the learning material and the condition of the students' in the classroom by using interesting learning tools and media,

(2) school to be able to organizing more events related to entrepreneurship, and

 

(3) future researchers can conduct research on other factors that influence the entrepreneurial learning outcomes.