SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Pada BAZNAS Kota Mojokerto

Lina Purwati

Abstrak


Lina, Purwati. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan, Alokasi Biaya Pendidikan, dan Alokasi Biaya Kesehatan Mustahik Pada BAZNAS Kota Mojokerto. Skripsi, Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr.Grisvia Agustin, S.E.,M.Sc.

Kata Kunci : jumlah modal usaha, jenis usaha, tingkat pendapatan, alokasi biaya pendidikan, alokasi biaya kesehatan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama islam (muslim) terbesar di dunia meskipun indonesia bukan negara Islam. Salah satu permasalahan yang dihadapi di Indonesia saat ini adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan bahaya besar bagi umat manusia dalam berbagai tindakan kriminalitas akibat desakan ekonomi. Dalam permasalahan tersebut salah satu solusi dalam islam untuk menyejahterakan masyarakat yaitu dengan zakat. Baznas Kota Mojokerto merupakan salah satu lembaga zakat yang melakukan pendistribusian zakat secara produktif yang dinamakan dengan hibah modal dimana zakat tersebut merupakan bantuan berupa uang yang diberikan kepada mustahik BAZNAS Kota Mojokerto sebagai modal usaha. Pada umumnya kesejahteraan masyarakat selalu dikaitkan dengan materi maupun non materi seperti tingkat pendidikan dan kesehatan. Dalam pandangan masyarakat umum keluarga yang sejahtera adalah keluarga yang mampu menyekolahkan keluarganya setinggi mungkin dan sama halnya jika semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka akan membawa keluarganya semakin sejahtera karena mendapatkan pekerjaan yang mapan dengan tingkat  pendapatan yang lebih tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan dana zakat produktif berdasarkan jumlah modal usaha dan jenis usaha mustahik yang diterapkan BAZNAS Kota Mojokerto terhadap tingkat pendapatan, alokasi biaya pendidikan dan alokasi biaya kesehatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari Mustahik BAZNAS Kota Mojokerto. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang dipilih adalah sebanyak 76 mustahik. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Hasil kuesioner akan dianalisis menggunakan metode MANOVA ( Multivariate Analysis of Variance).

Pemanfaatan dana zakat produktif berdasarkan jumlah modal usaha secara bersama–sama dan secara individu berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan, alokasi biaya pendidikan dan alokasi biaya kesehatan mustahik. Pemanfaatan zakat berdasarkan jenis usaha secara bersama–sama tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan, alokasi biaya pendidikan dan alokasi biaya kesehatan. Namun, jika dianalisis secara individu, menunjukkan bahwa hanya variabel tingkat pendapatan yang memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel alokasi biaya pendidikan dan alokasi biaya kesehatan tidak berpengaruh secara signifikan.