SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CURRENT RATIO TERHADAP NET PROFIT MARGIN DAN RETURN ON ASSET PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016

AVIANTARA KRESNA AULIA

Abstrak


RINGKASAN

Aviantara, Kresna Aulia. 2019. “Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc.

Kata Kunci : Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM) Dan Return On Asset (ROA)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR) Net Dan Profit Margin (NPM) Terhadap Return On Asset (ROA) pada bank umum yang terdaftar di BEI tahun 2016. Likuiditas dan profitabilitas merupakan hal yang bertentangan, meskipun likuiditas akan mempengaruhi profitabilitas bank. Dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan, terkadang bank harus mengorbankan likuiditas. Bank yang terlalu fokus pada keuntungan akan menggunakan aktiva dan belanja modal yang besar, sehingga bank mengalami keadaan yang tidak likuid yang mengakibatkan bank akan mengalami kesulitan dalam membayar kewajibannya. Sebaliknya jika bank menginginkan likuiditas maka kesempatan bank untuk mendapatkan keuntungan akan hilang.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Data berbentuk sekunder yang diambil dari halaman website atau situs resmi milik Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan website resmi setiap bank. Data yang diambil merupakan data yang berbentuk cross section. Dalam hal ini data kesemua variabel pada tahun 2016.Penelitian ini menggunakan data cross section. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model path analysis atau analisis jalur dan data ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ,

1) Variabel Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016.

2) Variabel Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016.

3) Variabel Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016.

4) Secara langsung variabel Current Ratio melalui Net Profit Margin mempunyai pengaruh langsung terhadap Return On Asset.