SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Pola Perilaku Konsumtif Ibu-Ibu Rumah Tangga ditinjau dari Motif Ekonomi

EKANITA YOAN RISSAN

Abstrak


RINGKASAN

Ekanita, Yoan Rissan. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumtif Ibu-Ibu Rumah Tangga Ditinjau Dari Motif Ekonomi (Studi Fenomenologi Di Rt 07 Rw 13 Kemantren III Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun). Skripsi, Progam Sutdi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd

Kata Kunci : Faktor-faktor, Pola Perilaku Konsumtif, Motif Ekonomi

Setiap manusia dalam kehidupan sehari-harinya pasti akan melakukan tindakan konsumsi. Dimana kegiatan konsumsi yang dilakukan setiap manusia akan berkutat kepada pembelian barang atau pemakaian jasa layanan yang membutuhkan biaya untuk membayarnya. Dalam praktiknya kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia milineal saat ini tidak berdasarkan lagi kepada kebutuhan mereka, melainkan berdasarkan keinginan semata dan kepuasaan perasaan mereka sehingga menyebabkan setiap manusia tak terkecuali ibu-ibu rumah tangga untuk melakukan tindakan konsumtif yang berlebihan yang disebut pola perilaku konsumtif. Pola perilaku konsumtif yang dilakukan ibu-ibu rumah tangga tersebut juga dipengaruhi faktor-faktor dan didasari oleh motif dalam pembelian barang atau penggunaan jasa tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah antara lain

(1) mengetahui seberapa tinggi pola perilaku konsumtif ibu-ibu rumah dan

(2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pola perilaku konsumtif apabila ditinjau dari motif ekonomi.

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Data di dapat dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. Pertama, dengan melakukan observasi dan pengamatan langsung ketika ibu-ibu rumah tangga tersebut sedang melakukan belanja atau juga bertanya kepada beberapa informan tambahan mengenai ibu rumah tangga yang menjadi dan dipilih menjadi subyek penelitian. Kedua adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan subyek yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dan yang ketiga adalah dengan dokumentasi. Dalam penelitian ini, triangulasi teknik dan juga triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh di lapangan.

Hasil penelitian menujukkan bahwa pola perilaku konsumtif ibu-ibu rumah tangga relatif atau berbeda-beda, terjadi demikian karena pendapatan yang ibu-ibu rumah tangga tersebut juga berbeda, namun ibu-ibu rumah tangga tersebut tidak terlalu konsumtif mereka terhadap barang pribadi mereka sendiri, melainkan mereka lebih mengarah kepada konsumtif terhadap kebutuhan rumah tangga. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah

(1) faktor pendapatan,

(2) faktor kebutuhan,

(3) faktor harga barang, dan

(4) faktor mode.

Dan faktor internanya adalah

(1) faktor psikis dan

(2) faktor pribadi.

Selain itu juga terdapat motif, dimana faktor dan motif tersebut saling berhubungan. Diantaranya

(1) motif ekonomi memenuhi kebutuhan,

(2) motif ekonomi memperoleh laba, dan

 

(3) motif ekonomi pendapatkan penghargaan.