SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penentuan Produk Unggulan UMKM di Kabupaten Mojokerto

RIZKI WIDYA DARMAWANTI

Abstrak


RINGKASAN

Rizki, W Darmawanti. 2019. Penentuan Produk Unggulan UMKM di Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si.

Kata kunci: Pembangunan ekonomi, UMKM, Analytical Hierarchy Process (AHP), Metode Perbandingan Eksponensial (MPE), Produk Unggulan.

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses menuju perubahan yang diupayakan secara terus menerus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya pembangunan ekonomi daerah dapat dilakukan melalui peningkatan daya saing daerah. Daya saing daerah merupakan kemampuan suatu daerah dalam mempertahankan atau meningkatkan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan. Dimana hal ini sangat ditekankan pada sektor UMKM melalui penentuan Produk Unggulan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus menentukan Produk Unggulan UMKM di Kabupaten Mojokerto yang berpotensi menjadi Produk Unggulan Daerah guna meningkatkan daya saing daerah. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). AHP digunakan untuk mengetahui bobot kriteria terpenting yang harus dimiliki suatu produk untuk menjadi produk unggulan, dan MPE digunakan untuk menentukan Produk Unggulan UMKM Kabupaten Mojokerto.

Tahap pertama pada penelitian ini adalah melihat kriteria terpenting yang perlu diperhatikan untuk menentukan produk unggulan UMKM menggunakan metode AHP melalui analisis kuesioner oleh responden. Kemudian tahap kedua adalah menentukan produk unggulan UMKM menggunakan MPE yang juga dilakukan melalui analisis kuesioner oleh responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk UMKM yang memiliki nilai produksi tertinggi yaitu industri alas kaki, industri cor kuningan, industri kerupuk ikan tengiri, dan industri keripik samiler. Berdasarkanhasil perhitungan AHP, diperoleh 6 kriteriaterpentingdari 12 kriteria yang ada, yaitumodal yang menjadi ranking satu, sumbangan terhadap perekonomian adalah ranking dua, selanjutnya adalah penyerapan tenaga kerja, bahan baku, sektor basis ekonomi daerah, dan ketersediaan pasar. Hasil MPE menunjukkan bahwa prioritasutamaProduk Unggulan UMKM di Kabupaten Mojokerto yaitu Industri Alas Kaki. Kemudian ranking dua adalah industri cor kuningan. Ranking tiga dan empat berturut-turut adalah industri kerupuk ikan tengiri dan keripik samiler.