SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (JALIN MATRA ) melaui Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

LUTFIA ULFA

Abstrak


Kata Kunci: Kemiskinan, Implementasi, Program Jalin Matra Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (Jalin Matra BRTSM) Kemiskinan merupakan permasalahan manusia sejak dahulu kala.

Kemiskinan terjadi karena ketidak berdayaan masyarakat untuk keluar dari masalah kemiskinan yang dihadapinya. Program-progam pembangunan yang dilaksanakan selama ini juga selalu memberikan perhatian besar terhadap upaya pengentasan kemiskinan karena pada dasarnya pembangunan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

1) Proses Program Jalin matra melalui RTSM di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.

2) Implementasi Program Jalin Matra melalui RTSM di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang berdasarkan indikator keberhasilan dalam menanggulangi kemiskinan.

Hasil penelitian ini menunjukkan

1) Program BRTSM untuk membantu masyarakat rentan yang berada pada desil 2 dan desil 3 tidak terjatuh pada desil 1. Dimana program ini untuk mendorong masyarakat rentan agar mampu mengatasi kerentanannya mendorong masyarakat mampu melakukan kegiatan ekonomi, serta mendorong tumbuh kembangnya usaha masyarakat miskin yang kurang sejahtera.

2) Pada Implementasi Program BRTSM di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang secara keseluruhan sudah bisa dikatakan berhasil dalam menanggulangi kerentanan kemiskinan terlihat dari RTS sudah bisa melakukan kegiatan usaha secara mandiri dan mengalami peningkatan pendapatan. Namun, masih terjadi kecemburuan sosial di masyarakat.