SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PERKAPITA, INVESTASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA TAHUN 2013-2017

CHANDRA DIMAS ADY

Abstrak


RINGKASAN

Chandra, Dimas Ady. 2019. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto per Kapita, Investasi, dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia Tahun 2013-2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

Kata Kunci: Ketimpangan Pendapatan, Produk Domestik Regional Bruto per Kapita, Investasi, Indeks Pembangunan Manusia

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Produk Domestik Regional Bruto per kapita, investasi, dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap ketimpangan pendapatan yang diukur melalui Gini Index di Indonesia tahun 2013- 2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu Gini Index (Coefficient), Produk Domestik Regional Bruto per Kapita (Ribu Rupiah) atas Dasar Harga Konstan Tahun Dasar 2010 sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi, investasi (Miliar Rupiah) yang terdiri dari Investasi Langsung Dalam Negeri dan Investasi Langsung Luar Negeri, dan Indeks Pembangunan Manusia (Metode Baru). Seluruh data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia menurut provinsi di Indonesia tahun 2013- 2017. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan model Fixed Effects melalui bantuan software EViews Version 10 Enterprise Edition.

 

Hasil analisis menunjukkan bahwa Produk Domestik Regional Bruto per kapita secara parsial berpengaruh negatif namun relatif kurang signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia tahun 2013-2017. Sementara, investasi secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia tahun 2013-2017. Sedangkan, Indeks Pembangunan Manusia secara parsial berpengaruh negatif namun relatif kurang signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia tahun 2013-2017. Penelitian ini juga menemukan bahwa Produk Domestik Regional Bruto per kapita, investasi, dan Indeks Pembangunan Manusia secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia tahun 2013-2017.