SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X bisnis manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari

DELLA CLAUDYA WINDOSARI

Abstrak


ABSTRAK

Della, Claudya Windosari. 2019. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div, M.E.

Kata Kunci: kebiasaan belajar, fasilitas belajar di sekolah, hasil belajar

Hasil belajar memiliki fungsi yang penting untuk peserta didik maupun guru khususnya untuk melihat seberapa jauh siswa paham dengan materi yang telah disampaikan oleh guru. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh., diantaranya yaitu kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar

(2) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar dan

(3) pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X bisnis manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah kepada 100 siswa dan menggunakan metode dokumentasi untuk hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 23 .Hasil uji analisis dalam penelitian ini

(1) kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,2 %

(2) fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,8%

(3) kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 50%.

Berdasarkan hasil uji analisis maka kesimpulannya adalah:

(1) kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

(2) fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

(3) kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X bisnis manejemen SMK Muhammadiyah 3 Singasari. Saran penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah:

(1) Guru mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan belajar yang baik dan memanfaatkan fasilitas dengan optimal

(2)  Sekolah dapat meningkatkan kedisiplinan belajar agar siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan sarana dan prasarana

(3) Peneliti Selanjutnya  diharapkan mampu menyempurnakan dan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.

 

ABSTRACK

Della, Claudya Windosari. 2019. The Impact of  Learning Habits and Learning Facilities in Schools to the Student Learning Outcomes in Introduction to economics and business lesson in X Grade Students Management Business Class of SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Sarjana’s Thesis. Department of Economic Development, Economic Education Studies Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div, M.E.

Keywors: learning habits, learning facilities in schools, learning outcomes

The result of study has some significant functions for the students and the teacher especially for measuring students understanding, whether or not they can understand the materials that have been given by the teacher. There are some influential factors that have a huge impact to the student learning process which can also give the impact to the outcomes of their study. Some of the influential factors are students learning habits and supporting fasilities that is served in the school. This research aims to know:

(1) the impact of learning habits to the outcomes of study

(2) the impact of the supporting facilities to the outcomes of study

(3) the impact of learning habits and supporting facilities to the student learning outcomes in introduction to economic and business lesson in X grade student management business class of SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

The research uses quantitative approach with the explanation method. The researched collects the data by using questionnaires to measure students learning habits and learning facilities in schools by choosing 100 student and using documentation method for student learning outcomes that is obtained from introduction ef economic and business teacher. The data analysis uses multiple regression analysis with the SPSS version 23 program. The test result of the analysis in this study or research

(1) learning habits affect student learning outcomes by 25,2 %

(2) Learning facilities in schools affect student learning outcomes by 24,8 %

(3) learning habits and learing facilities in schools affect student learning outcomes by 50%.

Based on the analysis test results, the conclusions are:

(1) learning habits affect student learning outcomes

(2) learning facilities in schools affect student learning outcomes

(3) learning habits and learning facilities in schools affect student learning outcomes in introduction to economics and business lesson in X grade student management business class of SMK Muhammadiyah 3 Singosari. The author's advice based on the results of this study are:

(1) Teachers, so they are be able to provide motivation to students to do good learning habits and utilize or exploit facilities optimally.

(2) Schools, so they can improve learning disciplinary which can affect students to have good learning habits and they will improve facilities and infrastructure

(3) Researchers are then expected to be able to refine and add other factors that influence learning outcomes.