SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “DWIJA” KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR

Agustina Wakhidatun Naimah Binti

Abstrak


ABSTRAK

Agustina W.N, Binti. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Dwija Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

 

Kata Kunci: Koperasi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota

Koperasi dan UMKM di Jawa Timur memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi kerakyatan dan menjadi bagian pembangunan daerah serta nasional yang mengedepankan asas ekonomi kerakyatan. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) merupakan salah satu koperasi yang keberadaannya cukup berkembang pesat seiring dengan penetapan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 18 Tahun 1998 yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan potensi kewirausahaan anggotanya baik berupa kredit pinjaman modal, kredit konsumsi, tabungan dan sebagainya. Semakin meningkatnya jumlah koperasi di Jawa Timur bisa menjadi potensi sekaligus ancaman bagi perekonomian karena berkembang atau tidaknya koperasi tersebut akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Sehingga pemberian pelayanan yang baik terhadap anggota sangat perlu untuk dilakukan karena kualitas pelayanan mempunyai peranan yang sangat penting dan menjadi salah satu faktor penentu loyalitas angota.

Penelitian ini dilaksanakan di KPRI Dwija yang terletak di area kantor Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang beranggotakan para pegawai negeri khususnya guru sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Nglegok.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota secara parsial, simultan serta variabel dominan pada KPRI Dwija. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi 433 anggota KPRI Dwija. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan alternatif jawaban yang akan dibagikan kepada 208 responden dengan metode sampling insidental. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan sumbangan efektif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa

(a) Kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota KPRI Dwija berada pada skala penilaian baik, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji regresi berganda yang menyatakan hasil signifikan serta kesesuaian keadaan dan pelayanan dengan jawaban responden KPRI Dwija.

(b) Variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati masing-masing berpengaruh signifikan sedangkan variabel bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Secara simultan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KPRI Dwija dengan signifikansi 0,000