SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan Industri Sarung Tenun Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

ROSIDAH ZIZALATUL

Abstrak


RINGKASAN

Rosidah, Zizalatul. 2019.Strategi Pengembangan Industri Sarung Tenun Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd

 

Kata Kunci: Industri Sarung Tenun, Pengembangan, Kesejahteraan masyarakat.

Industri sarung tenun memiliki peran penting dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Indonesia termasuk di Kabupaten Gresik. Industri sarung tenun menjadi industri terfavorit yang diminati oleh masyarakat.Akan tetapi industri sarung tenun di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik mengalami penurunan disebabkan karena penjualan yang menurun dan kalah bersaing dengan daerah lainnya. Sehingga industri sarung tenun memerlukan strategi pengembangan untuk mempertahankan industri sarung agar semakin diminati oleh masyarakat. Industri sarung tenun di Desa Wedani merupakan industri yang terbesar di Kabupaten Gresik yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai penghrajin sarung tenun. Dalam hal ini, industri sarung tenun sangat memberikan peluang kepada masyarakat untuk membantu perekonomian masyarakat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis strategi pengembangan dan dampak industri sarung tenun terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis strategi pengembangan industri sarung tenun dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu permodalan, pemasaran, teknologi, sumber daya manusia dan produksi. Kemudian dianalisis dengan matriks SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Dengan menggunakan matriks SOAR didapatkan nilai EFE (Eksternal Factors Evaluation) dan IFE (Internal Factors Evaluation).Lalu untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat sebelum dan sesudah bekerja di industri sarung tenun menggunakan indikator Badan Pusat Statistika yaitu pendapatan, pengeluaran, perumahan, pendidikan, taraf dan pola konsumsi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek pengembangan industri sarung tenun dilihat dari permodalan, pemasaran, sumber daya manusia, teknologi, produksi dan pengolahan belum optimal. Sehingga diperlukan strategi SOAR untuk mengembangkan industri sarung tenun yang mana menunjukkan bahwa industri sarung tenun berada pada kuadran II yaitu dengan strategi Diversifikasi. Strategi diversifikasi yang dimaksudadalah melakukan kerjasama dengan desainer pakaian, memberikan kemudahan serta layanan pada kosumen, melakukan modifikasi alat tenun bukan mesin guna mempercepat proses produksi dan melakukan promosi pada segmentasi pasar baru. Sedangkan dampak dari industri sarung tenun memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Peningkatan kesejahteraan dapat dilihat dari sebelum dan sesudah adanya industri sarung tenun pendapatan masyarakat rendah dan mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.