SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Sektor Basis Dan Analisis Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Perekonomian Kabupaten Nganjuk Tahun 2017

MAULANA FIRMAN

Abstrak


RINGKASAN

Maulana, Firman. 2019. Identifikasi Sektor Basis Dan Analisis Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Perekonomian Kabupaten Nganjuk Tahun 2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E.

Kata Kunci: pengeluaran pemerintah, APBD Nganjuk, sektor perekonomian, PDRB Nganjuk, dan proporsi APBD

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang sektor perekonomian yang paling berpotensi di Kabupaten Nganjuk. Melalui penelitian ini penulis juga memaparkan proporsi anggaran yang diberikan pemerintah melalui kebijakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) tahun anggaran 2017. Metode yang digunakan adalah tipologi klassen. Data yang digunakan dalam analisis ini adalah Produk Domestik Bruto(PDRB) Kabupaten Nganjuk, PDRB Jawa Timur, dan APBD Kabupaten Nganjuk tahun 2017.

Pada kenyataannya sektor basis atau sektor yang memiliki potensi besar di Kabupaten Nganjuk masih belum menerima proporsi anggaran khusus untuk pengembangan sektor tersebut. Lima (5) dari delapan (8) Sektor basis di Kabupaten Nganjuk memiliki proporsi APBD dibawah rata-rata(5,88%), diantaranya Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Real Estate, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, dan Jasa lainnya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah daerah tidak selalu memiliki proporsi yang besar pada sektor-sektor ekonomi yang produktif, artinya pengeluaran pemerintah tidak selalu bersifat reproduktif. Reproduktif berarti mewujudkan keuntungan-keuntungan ekonomis bagi masyarakat, yang dengan naiknya tingkatan penghasilan dan sasaran pajak yang lainnya akhirnya akan meningkatkan penerimaan pemerintah seiring dengan pertumbuhan ekonomi