SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS EFISIENSI TEKNIS BAWANG MERAH DENGAN PENDEKATAN STOCHASTIC FRONTIER ANALYSIS (SFA) DI DESA NGADIBOYO KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

SUSANTO EDI

Abstrak


RINGKASAN

Susanto, Edi. 2019. Analisis Efisiensi Teknis Bawang Merah Dengan Pendekatan Stochastic Frontier Analysis di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk . Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si.

Kata Kunci: Usahatani Bawang Merah, Efisiensi Teknis, Stochastic Frontier Analysis

Produksi bawang merah di indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada periode tahun 1980-2010 rata-rata pertumbuhan produksi bawang merah sebesar 7,00% pertahun. Produksi bawang merah tahun 2015 sebesar 1,23 juta ton. Akan tetapi peningkatan ekspor di indonesia juga diikuti oleh peningkatan impor. Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso merupakan desa dengan kontribusi terbesar dengan produksi pada tahun 2016 sebesar 16.020 ton di Kabupaten Nganjuk.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor produksi apa saja yang mempengaruhi produksi bawang merah, efisiensi teknis bawang merah, dan faktor sosial yang mempengaruhi efisiensi teknis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Stochastic Frontier Analysis (SFA). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara.

Dari hasil analisis terdapat 2 variabel yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap produksi bawang merah di Desa Ngadiboyo yaitu jumlah tenaga kerja dan jumlah bibit. Efisiensi teknis usaha tani bawang merah di Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk adalah sebesar 0,775 atau 77,5%. Dari hasil regresi tobit terdapat 1 variabel yang secara signifikan berpegaruh positif terhadapa efisiensi teknis bawang merah di Desa Ngadiboyo yaitu lama bertani.