SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X MA Al Maarif Tahun Pelajaran 2018/2019

MOCHAMMAD ARIEF MARDIANTO

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 MA Al Maarif Singosari terhadap pelajaran ekonomi, hal ini terjadi karena model pembelajarn yang digunakan oleh guru cenderung memberikan materi secara langsung kepada siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa pasif, kurang antusias, bahkan ada yang mengantuk disaat pembelajaran berlangsung. Hasil nilai ulangan harian pada matapelajaran ekonomi dengan pokok bahasan konsep dasar ekonomi dari dokumentasi guru menunjukkan bahwa dari siswa 42 siswa kelas X MIA 3 yang tuntas sesuai dengan KKM sebanyak 27 siswa. Perlu dilakukan perubahan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa sehingga dapat membuat antusias, aktif, dan tidak mengantuk saat proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar khususnya materi konsep dasar yaitu model pembelajaran Jigsaw.

Pembelajaran kooperatif model Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Keaktifan merupakan segala sesuatu yang menarik perhatian seseorang untuk mengikuti suatu kegiatan dengan baik yang dalam penelitian ini adalah kegiatan belajar. Hasil belajar siswa merupakan nilai yang dicapai siswa ranah kognitif dan ranah afektif dari materi tentang konsep ilmu ekonomi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw yang diukur melalui tes paska kegiatan dan pencapaian indikator afektif siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar matapelajaran ekonomi pada siswa kelas X MA Al Maarif tahun pelajaran 2018/2019. Keaktifan tersebut terdiri atas

(1) Turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya,

(2) Terlibat dalam pemecahan masalah,

(3) Bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami materi dan persoalan yang dihadapinya,

(4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah,

(5) Melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru,

(6) Berani dan percaya diri menampilkan hasil belajar yang telah dikerjakan,

(7) Melatih diri dalam memecahkan soal atau masalah yaitu siswa dapat menyelesaikan soal pre test dan post test yang diberikan oleh guru,

(8) Kesempatan menggunakan atau menerapkan apa yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadipinya.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Terdapat empat tahapan dalam setiap siklus, yaitu:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan,

(3) pengamatan,

(4) refleksi.

Subjek yang digunakan adalah adalah siswa kelas X MIA 3 MA Al Maarif Singosari. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara.

Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata tingkat keakifan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 67,96% meningkat menjadi 80,31%pada siklus 2denganklasifikasibaik. Untuk hasil belajar siswa, Rata-rata nilai post-test pada siklus 1 mengalami peningkatan dibanding rata-rata nilai pre-test sebesar 56,67 menjadi 75,24 dengan persentase ketuntasan belajar 57,14%denganklasifikasikurang. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai post-test meningkat sebesar 75,48 menjadi 85,24 dengan persentase ketuntasan belajar 85,71%denganklasifikasibaik.

Untuk Guru Ekonomi pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang ingin meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dapat menggunakan pembelajaran kooperatif modelJigsaw pada materi konsepdasaraekonomi, hal ini dapat dilakukan jika terdapat persamaan latar belakang masalah sebagaimana pada penelitian ini.