SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS DAN STRATEGI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI LOKAL (Studi Desa Gampang, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo)

RUDYANI REINE SALENCANA

Abstrak


RINGKASAN

Rudyani, Reine Salencana. 2019. Analisis dan Strategi Pendapatan Rumah Tangga Petani Lokal (Studi Desa Gampang, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi. Progam Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si.

Kata Kunci: Aset penghidupan, Strategi pendapatan, Rumah tangga petani

Pengajuan alih fungsi lahan pertanian dari 14.250 ribu hektar menjadi tujuh ribu hektar pada tahun 2017 oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menimbulkan pro dan kontra. Konversi lahan pertanian menjadi sektor ekonomi non-pertanian menyebabkan penurunan kesuburan tanah dan merusak sumber daya alam. Sehingga konsep Pertanian Berkelanjutan dan Pembangunan Pedesaan (PBPP) harus diterapkan, karena masih banyak petani yang menggantungkan hidupnya pada sawah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aset yang dimiliki, strategi pendapatan dan strategi pendapatan prioritas yang digunakan oleh rumah tangga petani di Desa Gampang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sesuai dengan keadaan lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang dideskripsikan terhadap hasil wawancara, observasi dan kuesioner menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang dianalisis yaitu aset sumber daya manusia, aset sumber daya alam, aset sosial, aset keuangan dan aset infrastruktur yang dianalisis dalam pentagonal aset. Strategi dikelompokkan menjadi tiga, yaitu migrasi, intensifikasi dan ekstensifikasi serta diversifikasi yang dianalisis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan aset yang tertinggi dimiliki oleh rumah tangga petani adalah aset sumber daya alam, tergolong tingkat berkelanjutan layak. Sedangkan keempat aset yang lain masih perlu ditingkatkan karena tergolong tingkat berkelanjutan cukup layak, yaitu aset sosial, aset keuangan, aset infrastruktur dan aset sumber daya manusia. Strategi meningkatkan pendapatan rumah tangga petani, kriteria diversifikasi memiliki prioritas pertama, kemudian kriteria intensifikasi dan ekstensifikasi sedangkan yang terendah kriteria migrasi. Pada kriteria migrasi prioritas pertama yaitu alternatif migrasi sementara kemudian migrasi permanen. Pada kriteria intensifikasi dan ekstensifikasi prioritas pertama yaitu pemanfaatan lahan pekarangan, penambahan lahan garapan, pemanfaatan lahan pertanian dan terendah yaitu pemanfaatan lahan kosong. Pada kriteria diversifikasi prioritas pertama yaitu alternatif sektor perdagangan dan industri, kemudian pertanian di luar bercocok tanam, sektor jasa dan terendah pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Sedangkan strategi prioritas tertinggi dalam meningkatkan pendapatan petani adalah sektor perdagangan dan industri, pemanfaatan lahan pekarangan dan kegiatan pertanian di luar bercocok tanam seperti peternakan dan perikanan.