SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Kecerdasan Emosional dan Pemahaman Dasar Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa MA Almaarif Singosari

Farida Siti Nur

Abstrak


RINGKASAN

Farida, Siti, Nur. 2019. Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Kecerdasan Emosional dan  Pemahaman Dasar Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa MA Almaarif Singosari. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: pengelolaan uang saku, kecerdasan emosional, pemahaman dasar ekonomi, perilaku konsumsi

Setiap manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda, beragam dan tidak terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia berupaya melakukan berbagai tindakan ekonomi seperti berkonsumsi demi kesejahteraan hidupnya. Manusia berupaya melakukan berbagai kegiatan ekonomi agar kebutuhannya dapat terpenuhi dengan sumberdaya yang terbatas. Situasi ini mendorong manusia untuk bertindak secara rasional dalam berperilaku ekonomi. Mereka melakukan kegiatan berdasarkan asas atau prinsip ekonomi dengan berusaha menggunakan sumber daya yang terbatas dengan pengorbanan yang sekecil mungkin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh pengelolaan uang saku terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari,

(2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari,

(3) pengaruh pemahaman dasar ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah kesuluruhan 120 siswa. Berdasarkan jumlah populasi yang ada, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Dari hasil perhitungan untuk mencari jumlah sampel maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program spss versi 24.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Pengelolaan uang saku berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari sebesar 12%.

(2) Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari sebesar 15%,

(3) . Pemahaman dasar ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari sebesar 33%.

(4) Pengelolaan uang saku, kecerdasan emosional dan pemahaman dasar ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS MA Almaarif Singosari sebesar 60%.

Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu:

(1) Bagi siswa,siswa diharapkan dapat mengelola uang saku yang baik dengan cara siswa merencanakan penggunaan uang saku yang dimiliki, mencatat pengeluaran yang terlalu berlebihan dan menabung sisa uang saku yang dimiliki. Siswa diharapkan dapat mengelola kecerdasan emosional dengan baik dengan cara siswa mampu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Serta siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dasar ekonomi dengan cara memperbanyak pengetahuan tentang ekonomi serta diharapkan mengimplementasikan ilmu ekonominya agar siswa berperilaku secara rasional dalam berkonsumsi.

(2) Bagi peneliti lain, sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain, seperti faktor budaya, jumlah uang saku, gaya hidup, pendidikan ekonomi dalam keluarga, yang diduga dapat mempengaruhi perilaku konsumsi siswa.