SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IIS SMAN 1 KEPANJEN

AZIZAH BINTI NUR

Abstrak


RINGKASAN

Azizah, Binti Nur. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Team Accelerated Instruction (TAI),  Minat Belajar, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk

1 ) mendekskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada aspek minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA;

2) menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa SMA. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest dan Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen dengan sampel penelitian adalah dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas XI IIS dengan perlakuan kels XI IIS 2 berupa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan perlakuan kelas XI IIS 1 berupa metode pembelajaran kooperatif tipe TAI. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu instrumen hasil belajar ekonomi dan instrumen non tes yaitu instrumen minat ekonomi. Untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI pada aspek minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek minat dan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI, data dianalisis dengan menggunkan uji T2 Hotelling’s. membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari aspek minat dan hasil belajar ekonomi siswa dilakukan analisis uji t. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan pendekatan univariat, yaitu Uji Kolmogorov Smirnov, lalu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Box’s M dan uji Lavene’s test untuk menguji kesamaan matriks varians-kovarians.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) minat dan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran TeamAccelerated Instructions (TAI);

(2) minat dan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TeamAccelerated Instructions (TAI)kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen lebih rendah daripada menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT);

 

(3) terdapat perbedaan minat dan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaranTeam Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran TeamAccelerated Instructions (TAI) kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen tahun pelajaran 2018/2019.