SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DAMPAK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN WISATA “COBAN RAIS” UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DUSUN DRESEL DESA ORO – ORO OMBO KOTA BATU

Haditama Muhammad Zafran Isamu

Abstrak


ABSTRAK

Haditama, Muhamamd, Zafran, Isamu. 2018. Partisipasi dan Dampak Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Coban Rais Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Dusun Dresel Desa Oro – oro Ombo Kecamatan Batu Malang. Skripsi, Program  Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

 

Kata Kunci: Partisipasi, Dampak, Pengembangan wisata, Peningkatan Pendapatan

Dalam menjadikan wisata coban rais yang menjadi diminati oleh para pengunjung, selain itu merupakan sebuah lapangan pekerjaan bagi warga sekitar wisata, dan juga banyak manfaat dan dampak positif dari adanya wisata coban rais. Dengan tujuan yang sama pemerintah dan masyarakat sekitar agar mensejahterakan warga, tujuan dari penelitian ini untuk membantu warga sekitar dalam segi ekonomi, membuahkan hasil dengan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar, dan bagaimana kerjasama antara masyarkat, pemerintah dan pihak ketiga agar wisata coban rais ini tetap eksis dan berkembang.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan data yang digunakan adalah data sejarah adanya coban  rais, bagaimana sejarah berdirinya wista coban rais. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data tersebut adalah pengamatan lapangan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data di gunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan pengecekan dengan teman sejawat.

 

Dari hasil analisis data, menemukan adanya partisipasi di Dusun Dresel dengan ikut serta mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam di Wisata Coban Rais, banyaknya warga yang berpartisipasi sehingga kegiatan tersebut murni dijalankan oleh masyarakat Dusun Dresel dengan pembagian tugas setelah di bentuk suatu organisasi, Kegiatan partisipasi dari masyarakat ini dan KPH  Malang ini menghasilkan suatu pembangunan yang kemudian memberikan dampak terhadap aspek masyarakat di sekitarnya.