SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Pengembangan UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengusaha Rengginang Di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Ramadhan Handoko

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhan, Handoko. 2018. Strategi Pengembangan UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengusaha Rengginang di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang.Progam Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan UMKM Rengginang, Pendapatan Pengusaha Rengginang.

Kabupaten Malang memiliki berbagai potensi industri, salah satunya yaitu industri rengginang di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Dilihat dari perkembanganya usaha rengginang tergeser oleh makanan-makanan modern membuat eksitensi dari makanan rengginang sendiri itu ditinggalkan, sebagian besar produksi rengginang mengalami kenaikan ketika ada acara-acara besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemilik usaha rengginang mengembangkan usahanya, diharapkan strategi yang dijalankan memberikan dampak dan pengembangan usaha yang telah dilakukan pada sentra usaha rengginang terhadap peningkatan pendapatan pengusaha renginang dan mengetahui pihak lain yang ikut andil untuk membantu pengusaha dalam mengambangkan usahanya .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan data yang digunakan adalah gambaran umum Desa Sambigede, profil UMKM, Permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha, strategi pengembangan usaha yang digunakan pengusaha, keberhasilan pencapaian tujuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi dan peningkatan ketekunan.

 

Strategi yang dilakukan para pengusaha rengginang terfokus terhadap strategi bisnis dan strategi manajemen. Dampak yang dirasakan setelah menerapkan strategi tersebut adalah pendapatan pengusaha dan masyarakat sekitar meningkat, pengusaha bisa memproduksi rengginang tanpa terkendala modal, penjagaan kualitas membuat konsumen puas dan inovasi terhadap varian rasa rengginang menjadikan pelanggan punya pilihan untuk membeli rengginang. Strategi tersebut terbukti efektif dapat meningkatkan permintaan produk dan dapat bersaing dengan produk-produk renginang dari luar Desa Sambigede.