SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 09 Malang

Jeniman Skolastika

Abstrak


ABSTRAK

Jeniman, Skolastika 2019. Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas x pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA 09 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:Dr. H. Agung Haryono, S.E.AK,M.P

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar Dan Hasil Belajar

Motivasi belajar merupakan bagian yang terpenting dalam dasar dan sebagai salah satu pengukuran efektivitas pembelajaran. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak disertai dengan motivasi tinggi dan gaya belajar yang baik, maka banyak pengaruh terhadap aktivitas belajar, seperti rendahnya semangat untuk belajar, kurang aktif, yang pada akhirnya prestasi yang diperoleh siswa tersebut kurang memuaskan. Strategi untuk menentukan hasil belajar siswa adalah dengan cara guru memahami motivsi dan gaya belajar dari masing-masing siswa. Cara menentukan gaya belajar ini merupakan strategi yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Hal yang perlu untuk mencapai hasil belajar adalah dengan adanya dorongan untuk belajar. Dorongan yang dimaksud disini adalah motivasi dalam kegiatan belajar siswa.

Dalam kegitan belajar motivasi merupakan sebagai daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbilkan kegiatan belajar untuk mendapatkan semangat belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk

(1) mengetahui dan mempelajari pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 09 Malang

 (2) mengatahui dan mempelajari gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 09 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti dalam penelitin ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, yaitu motivasi dan gaya belajar, sedangkan hasil belajar diperoleh melalui dokumentasi.

Teknikanalisis data yang digunakan adalah regresi dammy, dari hasil penelitian ini bahwa , motivasibelajar memiliki  pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 09 Malang. Maka dari itu hipotesis ditolak yang artinya gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hasil analisis uji koefisien determinasi yaitu besarnya konstribusi motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar dapat diketahui melalui koefisien determinasinya. Berdasarkan hasil analisis data statistic dapat diketahui bahwa motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadapa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA 09 Malang. Berdasarkanhasil penelitian, maka penulis merekomendasikan saran-saran sebagai berikut

(1) bagi siswa selama proses belajar di kelas, siswa dituntut untuk konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Dan siswa perlu memiliki motivasi serta mengenai gaya belajar yang dimiliki siswa sehingga mampu menemukan metode belajar yang sesui dengan diri siswa.

(2) guru diharapkan agar mampu mengehui gaya belajar siswa, dan memberikan motivasi, karena peran guru bukan hanya menyampikan materi pembelajaran saja, tetapi guru juga harus mampu mengenali dan memahami karakter gaya belajar siswa tersebut.

 

(3) sekolah diharapakan untuk memberikan belajar efektif sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa, memberikan fasilitas dan melibatkan  guru-guru yang kreatif serta inofatif.