SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kehidupan Ekonomi Supeltas Jalan Raya di Kota Malang

Maghfiroh Siti Kholifatul

Abstrak


RINGKASAN

Maghfiroh, Siti Kholifatul. 2018. Analisis Kehidupan Ekonomi Supeltas Jalan Raya di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Supeltas, Sektor Informal, Kegiatan Ekonomi, Usaha Ekonomi.

Partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban lalulintas jalan menguat, hal ini dapat dilihat dari maraknya supeltas (sukarelawan pengatur lalulintas) jalan yang membantu orang lain dalam berlalulintas. Di kota Malang, terutama di daerah perempatan jalan, pertigaan jalan, persimpangan jalan, bahkan jalur putar balik terdapat satu orang supeltas yang menjaga.

Supeltas diinisiasi oleh masyarakat sekitar yang secara swadaya mengorganisasi diri untuk “mengambil lahan” Polantas (PolisiLalu Lintas) dalam mengurangi kemacetan dan urusan lalu lintas lainnya. Pekerjaan sebagai supeltas dianggap sebagai kesempatan yang menguntungkan. Supeltas merupakan pekerjaan dalam sektor informal yang memiliki penghasilan tidak tetap. Penghasilan yang diperoleh berasal dari pemberian sukarela pengguna jalan. Penghasilan in digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dan prospek masa depan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih mendalam tentang kehidupan ekonomi supeltas jalan raya, dimana penghasilan yang digunakan memenuhi kehidupan sehari-hari adalah pemberian sukarela dari pengguna jalan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitati deskriptif. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara dari pihak yang bersangkutan, serta data sekunder berupa studi pustaka dan internet.

Hasil penelitian menunjukkan pendapatan yang diterima dari pekerjaan sebagai supeltas dialokasikan untuk kehidupan sehari-hari yaitu konsumsi dan pendidikan anak. Pengalokasian untuk konsumsi lebih besar dibandingkan dengan pendidikan anak. selain itu, supeltas juga memikirkan prospek masa depan dengan keinginan membuka usaha ekonomi.