SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Koperasi Sekolah Sebagai Laboratorium Praktek Berkoperasi Bagi Siswa SMA Negeri 2 Malang

Handoko Eko Priyo

Abstrak


ABSTRAK

Handoko, Eko, Priyo. 2015. Pemanfaatan Koperasi Sekolah Sebagai Laboratorium Praktek Berkoperasi Bagi Siswa SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si, (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec

 

Kata Kunci: Koperasi Sekolah, Laboratorium Koperasi

Koperasi Sekolah merupakan bagian dari fasilitas dalam proses pembelajaran. Pembentukan Koperasi sekolah sebagai tempat untuk belajar mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya dalam berorganisasi, berinovasi, belajar menyelesaikan masalah, bekerjasama dan lain sebagainya. Koperasi Sekolah SMA Negeri 2 Malang adalah salah satu koperasi sekolah yang aktif. Koperasi sekolah sangat erat kaitannya dengan kurikulum sekolah khususnya pelajaran ekonomi dan akuntansi. Dalam kurikulum yang berlaku yaitu menyangkut ranah keterampilan dan sikap, maka pembelajaran dilakukan melalui kegiatan praktek. Sehingga diperlukan pembahasan mengenai pemanfaatan koperasi sekolah sebagai laboratorium praktek berkoperasi bagi siswa SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dalam proses penelitian ini adalah tahap pendahuluan, tahap pengajuan proposal, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan penelitian. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti dengan melakukan triangulasi. Paparan data dan temuan penelitian. Peneliti membagi paparan data kedalam tiga kategori. Adapun isinya adalah sebagai berikut:

a) Keberadaan koperasi sekolah di SMA Negeri 2 Malang,

b) Pemanfaatan Koperasi Sekolah di SMA Negeri 2 Malang,

c) Kendala yang dihadapi Koperasi sekolah dalam pemanfaatan sebagai laboratorium praktek berkoperasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut:

a) Keberadaan Koperasi Sekolah di SMA Negeri 2 Malang sebagai salah satu fasilitas yang ada disekolah berfungsi sebagai tempat untuk memenuhi dan menunjang kegiatan pembelajaran.

b) Pemanfaatan koperasi sekolah sebagai laboratorium praktek berkoperasi, siswa memanfaatkan koperasi sekolah sebebagai laboratorium sesuai dengan pelajaran ekonomi dan akuntansi. Pembina koperasi sekolah aktif melibatkan siswa sebagai pengurus dan pengawas dalam mengelola koperasi. Guru mengarahkan siswa untuk terlibat aktif dalam memanfaatkan koperasi sekolah sebgai laboratorium praktek berkoperasi.

 

c) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan koperasi sekolah sebagai laboratorium praktek berkoperasi adalah pengelolaan yang dilakukan oleh siswa sebagai pengurus dan pengawas koperasi sekolah masih belum maksimal. Kurangnya modal untuk pengembangan koperasi, serta belum terpenuhinya seluruh kebutuhan siswa.