SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PUJON KIDUL KABUPATEN MALANG

Ning Widya Ayu

Abstrak


ABSTRAK

Ning Widya, Ayu. 2018.Pengembangan Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat di Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang.Skripsi, Program Studi S1Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Mit Witjaksono, MS., Ed.

 

Kata Kunci: PartisipasiMasyarakat, DesaWisata, KesejahteraanMasyarakat.

Masyarakat lokal merupakan kunci utama dalam pengembangan desa wisata Pujon Kidul dimana masyarakat ikut berpartisipasi mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi.Dengan data yang digunakan adalah kondisi desa wisata Pujon Kidul, potensi desa wisata Pujon Kidul, pengembangan desa wisata, partisipasi masyarakat, dan pengembangan partisipasi masyarakat.

 

Dari hasil analisis data, dapat dilihat bentuk-bentuk partisipasi masyarakat di desa wisata Pujon Kidul meliputi partisipasi dalam tahap perencanaan mulai dari identifikasi masalah, perumusan tujuan, hingga pengambilan keputusan yang dilakukan secara aktif oleh masyarakat lokal, partisipasi dalam tahap pelaksanaan dimana masyarakat ikut serta dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan desa wisata seperti sumbangan ide atau pemikiran, maupun sumbangan fisik dalam memperbaiki infrastruktur yang tersedia, partisipasi dalam tahap menikmati hasil dimana masyarakat lokal sudah merasakan manfaat yang semakin besar dengan adanya pengembangan dengan semakin banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia, partisipasi masyarakat dalam tahap pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat dan didampingi oleh pemerintah desa guna meninjau keberadaan desa wisata ini. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilakukan dalam bentuk menciptakan forum tingkat desa, pengembangan PKK, dan pengembangan karang taruna.