SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan kawasan wisata coban talun dalam peningkatan pendapatan masyarakat

Anjasmara Vedo

Abstrak


ABSTRAK

Anjasmara, Vedo. 2018. Pengembangan Kawasan Wisata Coban Talun Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Mit Witjaksono, MS., Ed.

 

Kata Kunci: PengembanganEkonomiLokal, Pengembangan Wisata, Peningkatan Pendapatan Masyarakat.

Pengembangan pariwisata di suatu daerah tujuan wisata harus didasarkan pada perencanaan, pengembangan, dan arah pengelolaan yang jelas agar semua potensi yang dimiliki suatu daerah tujuan wisata dapat diberdayakan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Kurangnya perhatian dan pengelolaan wisata yang kurang baik sempat menjadikan kawasan ini sepi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengembangan kawasan wisata Coban Talun dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Dimana peneliti menjelaskan kondisi yang sebenarnya menurut kejadian-kejadian yang ada serta mengidentifikasi sejauh mana pengembangan pariwisata yang ada di Kawasan Wisata Coban Talun. Dengan menggunakananalisisPengembanganEkonomiLokal (PEL), data yang digunakan adalah kondisi kawasan wisata Coban Talun, pengembangan wisata Coban Talun, potensi wisata Coban Talun dan kondisi perekonomian masyarakat sekitar Coban Talun. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut adalah dengan pengamatan lapangan, wawancara dan observasi lapangan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan parwisata Coban Talun meliputi pengembangan objek wisata atau wahana wisata. Dengan permodalan awal dari masyarakat sehingga masyarakat lokal menjadi investor bagi wahana wisata yang ada di kawasan wisata ini. Dalam pengembangannya, kawasan wisata ini melibatkan partisipasi masyarakat mulai dari identifikasi masalah seperti melihat potensi sumber daya alam, perumusan tujuan dilihat dari perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung wisata, hingga pengambilan keputusan yang mampu menarik pengunjung wisata guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Masyarakat didampingi oleh pemerintah yang bersangkutan untuk meninjau dan mengawasi pengembangan kawasan wisata Coban Talun. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilakukan dalam bentuk pendanaan dan promosi.