SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Wisata dalam Memanfaatkan Potensi Hutan Pinus Semeru Untuk Meningkatkan Pendapatan di Desa Sumberputih

Putra Adhitiya Dwi

Abstrak


ABSTRAK

Putra, Adhitiya Dwi. 2018. Pengelolaan Wisata dalam Memanfaatkan Potensi Hutan Pinus Semeru untuk Meningkatkan Pendapatan di Desa Sumberputih. Skripsi, Program  Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Hutan Pinus Semeru, Pendapatan, Desa Sumberputih

Peningkatan pendapatan masyarakat dalam suatu desa dapat diperoleh dari berbagai hal, misalnya dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut. Di desa sumberputih kecamatan wajak terdapat potensi pariwisata yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yaitu hutan pinus semeru. Pengelolaan dan pengembangan potensi hutan pinus semeru dilakukan oleh para warga desa sumberputih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengelolaan wisata yang dilakukan masyarakat desa sumberputih dalam memanfaatkan potensi hutan pinus semeru untuk meningkatkan pendapatan masyarakat  dengan segala bentuk upaya yang telah dilaksanakan.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti  terjun langsung ke kawasan objek wisata hutan pinus semeru yang berada di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari kenyataan di lapangan melalui beberapa informan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan.

Dari hasil analisis data, peneliti dapat menemukanpengelolanHPS sudah baik dan mengalami peningkatan di setiap bulannya akan tetapi  masih belum bisa dikatan optimal. Dapat terlihat jelas dari laporan keuangannya yang masih tidak stabil dan cenderung minus.Partisipasi masyarakat desa Sumberputih dalam memanfaatkan potensi Hutan Pinus Semeru cukup antusias. Pemberdayaan masyarakat cukup berhasil yang berdampak adanya tambahan pendapatan bagi pihak dalam HPS maupun pihak luar HPS.Target yang ingin dicapai pengelola HPS belum sesuai. Dikarenakan belum adanya keunggulan yang signifikan dari Hutan Pinus Semeru dibanding dengan objek wisata Hutan Pinus lainnya.