SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Wirausaha Siswa SMA Laboratorium UM Ditinjau dari Pengetahuan Kewirausahaan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Minat Berwirausaha

dwi agustia

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustia, Dwi . 2018. Analisis Wirausaha Siswa SMA Laboratorium UM Ditinjau dari Pengetahuan Kewirausahaan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Minat Berwirausaha. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Prof Dr. Sri Umi Mintarti.,SE.,MP.,Ak.

 

Kata kunci : Pengetahuan Kewirausahaan, Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Minat Berwirausaha

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat seorang wirausaha juga harus dapat menyesuaikan perkembangan teknologi pada saat ini. Para remaja saat ini juga tidak malu lagi untuk melakukan kegiatan berwirausaha baik. Sama halnya dengan siswa SMA Laboratotium UM yang tidak malu lagi melakukan kegiatan berwirausaha baik itu di lingkungan sekolah ataupun bahkan diluar sekolah. Produk yang ditawarkan beragam mulai dari berjualan baju, krudung, sampai makanan ringan, dan prakarya yang dibuatnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang wirausaha siswa ditinjau dari pengetahuan kewirausahaan, pendidikan ekonomi keluarga, dan minat berwirausahan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kewirausahaan siswa ditinjau dari pengetahuan kewirausahaan, pendidikan ekonomi keluarga, dan minat berwirausaha.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Pengetahuan kewirausahaan yang dimiliki sangat tinggi karena didapatkan dari mata pelajaran kewirausahaan yang diajarkan di sekolah. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa pengetahuan kewirausahaan yang dimiliki memiliki peran penting dalam wirausaha yang dijalankan. Pendidikan ekonomi keluarga juga memberikan peran dan motivasi pada siswa dalam menjalankan kegiatan wirausaha, di lihat dari orang tua yang mengtahui perkembangan jiwa anaknya dalam bidang kewirausahaan dan memberikan pendidikan ekonomi yang mengarah pada wawasan kewirausahaan serta bekal berwirausaha dan nilai-nilai kepribadian pada anak. Siswa memiliki minat berwirausaha sedang dilihari dari beberapa indokator yang meliputi percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan risiko, kepemimpinan, dan berorientasi ke masa depan.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini diharapkan siswa lebih mendalami lagi pengetahuan kewirausahaan baik yang didapatkan dari sekolah ataupun dari literatur yang dibacanya, sehingga usaha yang dijalankan dapat dipertahankan atau bahkan dapat semakin berkembang.Diharapkan pendidikan ekonomi keluarga terutama mencakup tentang wawasan kewirausahaan harus dapat didalami lagi pada orang tua terutama yang memiliki latar belakang bisnis. Diharapkan minat berwirausaha pada siswa harus dapat dipertahankan ataupun dikembangkan lagi untuk kelancaran usaha yang dijalankan.