SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Debitur UMKM Menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro sebagai Penambahan Aset Usaha (Studi Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.Unit Pakisaji Malang).

Novy Yurisni

Abstrak


Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakanprogram kredit yang bertujuanuntukdalamrangkapemberdayaanusahamikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK). KUR yang digunakan sebagai objek penelitiana dalah KUR Mikrodari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank yang memiliki asset terbesar di Indonesia. Lokasi penelitian ditujukan kepada nasabah debitur yang menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BRI Kanca Martadinata Unit Pakisaji Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat debitur UMKM menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan faktor-faktor yang digunakan sebagai variabel bebasnya adalah suku bunga (X1), jaminan (X2) dan pelayanan (X3) dengan variable minat (Y) sebagai variable terikatnya.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Isi penelitian ditujukan kepada nasabah yang menggunakan produk KUR mikro di BRI unit pakisaji. Menggunakan pendekatan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F dan uji koefisien determinan. Data diambil dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan metode likert. Data tersebut diolah dengan menggunakan SPSS 16.00.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pembahasan bahwa faktor suku bunga yang umumnya para nasabah akan mencari kredit dengan tingkat suku bunga yang relative kecil agar tidak memberatkan saat pembayaran angsuran serta diharapkan akan memaksimalkan usaha para nasabah dengan menekankan biaya angsuran dengan tingkat suku bunga yang kecil tersebut. Jaminan yang umumnya pemberi pinjaman mensyaratkan adanya jaminan sebelum pemberi pinjaman memberi pinjaman kepihak peminjam yang diharapkan menjadikan suatu kewajiban nasabah jika nasabah memiliki kewajiban yang harus mereka lakukan untuk menebus jaminan dengan membayar angsuran kredit hingga batas waktu tertentu. Serta pelayanan di bank akan dapat menjadi pertimbangan oleh nasabah untuk mengambil kredit, karena pelayanan yang nyaman, aman dan mudah dapat menarik nasabah mau untuk mengambil kredit sehingga dapat meningkatkan minat nasabah debitur untuk mengajukan kredit. Semua factor-faktor tersebut secara bersama- sama memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah debitur. Diantara faktor-faktor ketertarikan yang digunakan sebagai variabel yakni suku bunga, jaminan dan pelayanan faktor yang paling dominan dalam keputusan pengambilan kredit oleh nasabah debitur UMKM menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro sebagai penambahan aset usaha di BRI unit Pakisaji adalah faktor suku bunga. Hal ini dikarenakan suku bunga yang menjadikan factor utama minat debitur mengajukan kredit.