SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerepan Prinsip Pengembangan Ekowisata dan Manajemen Ekonomi Lingkungan Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Wisata Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang)

Ahmad Febriansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pariwisata di Indonesia menjadi salah satu sektor unggulan pemerintah, terutama untuk meningkatkan perkenomian Indonesia serta menambah devisa negara. Setiap pembangunan destinasi wisata harus disertai dengan pengembangan ekowisata agar destinasi wisata itu dapat bermanfaat bagi wisatawan dan masyarakat sekitar serta terhindar dari kerusakan lingkungan. Selain pengembangan ekowisata, untuk memperoleh manfaat dari suatu destinasi wisata, perlu dikembangkan juga konsep manajemen ekonomi lingkungan yang nantinya akan dijadikan sebagai upaya pemberdayaan bagi masyarakat sekitar tempat wisata, khususnya pemberdayaan dalam bidang ekonomi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data secara menyeluruh tentang pengembangan ekowisata, manajemen ekonomi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Prosedur pengumpulan data melalui observasi di lapangan untuk mengamati secara langsung, wawancara kepada informan dan dokumentasi berupa foto dan dokumen pendukung penelitian lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan ekowisata berbasis manajemen ekonomi lingkungan mampu untuk dijadikan upaya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat teutama pada bidang ekonomi. Sehingga ekonomi masyarakat semakin meningkat seiring dengan berkembangnya Wisata Puncak B29 karena masyarakat banyak yang memiliki usaha seperti membuka hotel, menyediakan jasa ojek, dan membuka warung makan serta memanfaatkan olahan hasil pertanian untuk dijadikan makanan oleh-oleh dan dijual kepada wisatawan.